Menilik Tunggangan Anyar Walikota Surabaya - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, February 25, 2020

Menilik Tunggangan Anyar Walikota Surabaya

Menilik Tunggangan Anyar Walikota Surabaya


Kabar Surabaya - Saat ini pembangunan infrastruktur di Kota Surabaya terbilang cukup masif. Arah pembangunannya juga terbilang cukup merata. Mulai dari pusat hingga ke kawasan pinggiran. Mulai dari yang jalannya cukup lebar, hingga ke gang-gang kecil yang hanya mampu dilewati oleh motor (kendaraan roda dua). 


Sebagaimana diketahui, bahwasannya Wali kota Surabaya Tri Rismaharini juga kerap turun langsung memantau proyek-proyek pembangunan yang ada. Adakalanya karena jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh mobil,dan Wali kota Risma harus berjalan kaki cukup jauh dari lokasi parkir mobilnya. 

Hal inilah yang akhirnya membuat Wali kota Risma melengkapi dirinya dengan tunggangan baru. Tunggangan baru ini berupa motor listrik ramah lingkungan atau Kendaraan Bermotor Listrik (KBL). 


Kendaraan listrik berwarna merah menyala ini, diperkenalkan Wali kota Risma kepada para awak media usai melakukan pertemuan dengan Tim dari BMKG pusat. Dengan perlahan Wali kota wanita pertama di Kota Pahlawan ini men reyen (mencoba) kendaraan yang akan menjadi kendaraan dinas kedua-nya. 

Terlihat sekali kalau Wali kota Risma sedikit kesusahan dengan tunggangan barunya tersebut. Raut wajah tegang sesekali tampak saat beliau mencoba menaiki sepeda motor listrik tersebut. "Ini kliatannya terlalu besar buat saya, tapi tidak apa, saya akan berlatih lagi biar bisa lancar," ucap Wali kota Risma.


Wali kota Risma mengakui kalau ide menaiki sepeda motor ini merupakan keinginannya sejak dulu. Dengan motor listrik ini, beliau bisa langsung memantau semua proyek-proyek Dinas Pekerjaan Umum yang lokasinya berada di jalan kecil dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Selain itu, kondisi kaki dari orang nomor satu di Kota Surabaya ini juga masih belum pulih 100%. Hingga saat ini beliau tidak bisa melakukan jalan kaki dengan jarak jauh. Dengan sepeda motor listrik inilah, maka aktifitas Wali kota Risma akan tetap berjalan normal seperti biasanya.


Menurut Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara, Kendaraan listrik berwarna merah ini akan melekat kepada Wali kota Risma saat beliau bertugas. Terutama saat melakukan inspeksi ke proyek-proyek, maupun saat aktifitas kerja bakti. "Kalau sedang pengecekan dilapangan, seperti saluran atau bersih-bersih, kendaraan ini nantinya akan selalu standby,".

Kendaraan listrik mirip motor matic ini juga dikendarai Wali kota Risma saat beliau berkunjung ke Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS). Selesai memberikan motivasi kepada para mahasiswa dalam acara Launching Program PAMA Exclusive Intership (Pexi) bertemakan Pendidikan dan Sumber Daya Manusia yang Kompetitif di Era Revolusi industri 4.0, beliau langsung kembali ke kantor dengan mengendarai motor listriknya.


Meskipun mengendarai motor, namun pengamanan Wali kota Risma tetap seperti biasanya. Beberapa anggota Dinas Perhubungan (Dishub) yang terdiri dari Tim Kenari selalu mengawal motor listrik yang dikendarai Wali kota Risma. Uniknya, saat naik motor listrik, beliau malah menjadi drivernya, sedangkan ajudannya membonceng dibelakangnya. 

Sejatinya jenis motor listrik seperti apakah yang dikendarai oleh Wali kota Risma ini..?. Motor listrik yang dimiliki oleh Wali kota Risma ini ternyata bermerk U-Winfly, produksi pabrikan asal China. Sedangkan type dari kendaraan tersebut adalah Blue Whale yang bentuknya mirip dengan motor matic bensin pada umumnya. 

Kecepatan maksimal yang dimiliki oleh motor listrik ini bisa mencapai 55km/jam dengan jarak tempuk sepanjang 100km setiap kali pengisian listrik. Untuk sekali pengisian listrik, motor ini membutuhkan waktu selama 5 jam. Sedangkan harga OTR-nya motor listrik ini dibanderol Rp 13.5 juta rupiah. (Yanuar Yudha)      

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad