Program City Tour Dishub Surabaya, Keliling Surabaya Sekaligus Belajar Berlalu-lintas - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, February 21, 2020

Program City Tour Dishub Surabaya, Keliling Surabaya Sekaligus Belajar Berlalu-lintas

Program City Tour Dishub Surabaya, Keliling Surabaya Sekaligus Belajar Berlalu-lintas

Kabar Surabaya - Kota Surabaya adalah kota tersibuk ke-dua setelah ibukota Jakarta. Hal ini juga berpengaruh kepada kepadatan lalu-lintas transportasinya. Kondisi ini tentu saja membuat Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan Polisi Lalu Lintas Kota Surabaya bekerja ekstra keras guna melakukan management traffick dengan baik.



Management traffick yang padat ini membuat masyarakat harus benar-benar paham dan patuh dengan peraturan dan rambu-rambu lalu-lintas yang ada. Namun adakalanya masyarakat masih belum paham dengan rambu dan peraturan yang telah berlaku dijalan raya. Hal inilah yang akhirnya membuat Dishub Kota Surabaya bekerjasama dengan Polantas untuk memberikan sosialisasi sejak dini kepada masyarakat, khususnya bagi anak-anak usia Sekolah Dasar.

Sosialisasi sekaligus pembelajaran mengenai berlalu-lintas yang baik dan benar ini diberikan dalam program yang bernama City Tour Kota surabaya. Tujuan utama dari Program City Tour ini adalah untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan tentang berlalu-lintas, harapannya agar anak-anak ini nantinya bisa mematuhi peraturan yang ada di jalan raya sejak usia dini.



Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak-anak ketika mengikuti Program City Tour ini. Kegiatan pertama adalah pengenalan rambu-rambu lalu-lintas yang ada dijalan raya. Pada kegiatan ini selain pengenalan rambu, anak-anak juga diajarkan bagaimana cara menyeberang jalan dengan baik.

Anak -anak ini dikenalkan dengan piranti penyeberangan seperti tombol penyeberangan dan zebra cross. Mereka juga diajarkan bersikap ketika ingin menyeberang jalan, yaitu 4T. Tunggu sebentar, Tengok Kiri, Tengok Kanan dan Tekan Tombol Penyeberangan dan memberi tanda. 



Dalam Program City Tour ini, anak-anak juga akan diajak untuk berkeliling menggunakan Bus Sekolah. Mereka anak mengunjungi beberapa lokasi lalu-lintas, lokasi wisata dan beberapa instansi milik Pemkot Surabaya. 

Untuk lokasi lalu-lintas ini bisanya mereka akan diajarkan menyeberang jalan di zebra cross Taman Bungkul. Mereka juga akan dikenalkan pengaturan management lalu-lintas yang ada di gedung Surabaya Intelligent Transportation System (SITS) yang ada di terminal Bratang. Lalu kunjungan akan diteruskan ke gedung Siola. Di dalam gedung ini peserta anak-anak ini akan diajak mengenal museum Surabaya dan berkesempatan untuk masuk ke dalam ruangan Command Center 112.



Metode pembelajaran yang ada di Program City Tour ini selalu membuat peserta merasa senang. Karena, disini anak-anak diajarkan praktek secara langsung dengan bimbingan instruktur dari Dishub dan petugas Kepolisian. 

Program City Tour ini terbuka bagi semua sekolah di Kota Surabaya. Cara pendaftarannya-pun sangat mudah. Pihak Sekolah bisa datang langsung ke kantor Dinas Perhubungan Kota Surabaya yang berada di jalan. Dukuh Menanggal No.1 Kota Surabaya. Setelah mengirimkan surat permohonan, pihak Dishub akan segera menjadwalkan untuk Program City Tournya. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad