Rute Semakin Banyak, Fasilitas Bus Sekolah Surabaya Juga Semakin Nyaman - Kabar Surabaya

Breaking

Friday, February 14, 2020

Rute Semakin Banyak, Fasilitas Bus Sekolah Surabaya Juga Semakin Nyaman

Rute Semakin Banyak, Fasilitas Bus Sekolah Surabaya Juga Semakin Nyaman

Kabar Surabaya - Ruas jalanan di Kota Surabaya semakin lama semakin padat. Meskipun sudah banyak dibangun ruas jalan baru, namun pertumbuhan kendaraan bermotor/kendaraan pribadi seakan juga tidak mau kalah, bahkan bisa dibilang malah lebih cepat. Kepadatan lalu-lintas ini akan lebih terasa saat jam berangkat maupun pulang sekolah. Hal ini tentu saja para orang tua tentu saja merasa was-was apabila putra/putrinya berangkat ke sekolah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain lalu lintas yang padat, faktor keselamatan juga dipandang sangatlah penting. Maka dari itulah, akhirnya Pemerintah Kota Surabaya memberikan solusi transportasi publik bagi para siswa/siswi sekolah, yaitu Bus Sekolah.



Kota Surabaya sendiri saat ini telah memiliki 12 armada Bus Sekolah untuk melayani berbagai rute. Saat ini terdapat tiga koridor rute yang dilayani oleh Bus Sekolah. Setiap rutenya akan menghampiri sekolah-sekolah yang masih berada dalam satu jalur dengan Bus Sekolah surabaya ini. Ketiga rute tersebut adalah :

1. Rute Bus Sekolah Surabaya dari kawasan Timur. Rute ini memiliki titik kumpul di kantor Kecamatan Rungkut (Jalan. Rungkut Asri Utara No.1/Sebelah pasar Supoyono). Rute ini akan melaju ke Jalan Raya Kalirungkut, Jalan Prapen, Jalan Barata Jaya, JalanNgagel Jaya, Jalan Dharmawangsa, Jalan Prof. Mustopo, Jalan Stasiun Gubeng, Jalan, Kusuma Bangsa, Jalan Wijaya Kusuma, terakhir SMPN 1.



Pada Rute Kawasan Timur ini akan melayani siswa yang bersekolah di SMPN 19, SMPN 39 dan SMAN 16, SD Negeri Barata Jaya, SDN Ngagel rejo, SMPN 48, SMAN 4, SMPN 29, SMP/SMA Gracia, SMA Komplek (1,2,5,9) dan berakhir di SMPN 1 Kota Surabaya.

2. Rute Bus Sekolah Surabaya dari kawasan Selatan. Rute ini memiliki titik kumpul di Kantor Dinas Perhuungan Kota Surabaya (Jalan Dukuh Menanggal, No.1 Surabaya). Rute ini akan melaju ke Jl. A Yani, Jl. Wonokromo, Jl. Darmo, Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Basuki Rahmat, Jl. Gubernur Suryo, Jl. Wijaya Kusuma, Jl. BKR Pelajar, Jl. Slamet, Jl. Prof Mustopo, Jl. Darmahusada, dan terakhir SMKN 5 Surabaya. 

Pada rute Kawasan Selatan ini akan melayani siswa yang bersekolah di Sekolah Bhayangkari, SMPN 32, SMP/SMA Santa Maria, SMA Tri Murti, SDN Kaliasin V, SMPN 6, SMPN 1, SMA Komplek (1,2,5,9), SMPN 29, SMAN 4, SMKN 5 Kota Surabaya.  



3. Rute Bus Sekolah Surabaya dari kawasan Utara. Rute ini memiliki titik kumpul sama dengan rute ke-2 yaitu di  Kantor Dinas Perhubungan Kota Surabaya (Jalan Dukuh Menanggal, No.1 Surabaya). Rute ini akan melaju ke  Jl. A Yani, Jl Wonokromo, Jl Darmo, Jl Basuki Rahmat, Jl Embong Malang, Jl Blauran, Jl. Bubutan, Jl. Kebon Rojo, Jl. Indrapura, Jl. Rajawali, Jl. Kasuari, Jembatan Merah, Jl. Pahlawan, Jl. Tunjungan, Jl. Gubernur Suryo, Jl. Wijaya Kusuma, terahir SMA komplek.   

Pada rute Kawasan Utara ini akan melayani siswa yang bersekolah di SMPN 32, SMPN 3, SMPN 4 SMKN 4, SMK Pringadi, SMKN 7, SMPN2 SMA Takmariyah, SMK Stella maris, SMA Kawung 1, SMPN 5 SMPN 38, SMPK/SMAK Angelus Custos, SMK Frateran, SMK Trimurti, SMAN 6, SDN Kaliasin 1, SMPN 1, SDN Ketabang 1, SMAN Komplek (1,2,5,9).

Para siswa yang ingin ikut dalam Bus Sekolah ini bisa datang di titik kumpul masing-masing rute pada pukul 05.30pagi. Sedangkan untuk jadwal kepulangan dari Bus Sekolah ini adalah pada pukul 15.00wib-15.30wib.



Nantinya, semua siswa penumpang Bus Sekolah ini akan mendapatkan kartu yang berici chip. Kartu ini harus di Tap pada saat menaiki Bus Sekolah. Kartu ini berfungsi sebagai absensi dan bisa merekam data siswa yang naik ke Bus Sekolah, dimana mulai naik, hingga saat siswa turun. Hal ini juga akan memudahkan orangtua untuk mengecek keberadaan putra/putrinya yang menggunakan Bus Sekolah.

Saat ini Bus Sekolah milik Pemkot Surabaya juga mulai diremajakan dan diberikan beragam fasilitas. Mulai dari AC, Wifi dan CCTV untuk keamanan para penumpangnya. 

Jumlah Bus Sekolah akan ditambahkan apabila peminatnya semakin banya. Harapannya Bus Sekolah bisa mengakomodir semua siswa sekolah, sehingga bisa menjaga keamanan anak-anak saat bersekolah. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad