Pemerintah Bakal Fungsikan Hotel Ini Untuk RS Darurat COVID - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, July 6, 2020

Pemerintah Bakal Fungsikan Hotel Ini Untuk RS Darurat COVID


Kabar Surabaya - Kondisi Provinsi Jawa Timur yang masih menjadi nomor satu dalam penambahan jumlah pasien positif COVID-19 membuat semua pihak menjadi ekstra bekerja keras. Dengan masih tingginya masyarakat yang terpapar, maka dikhawatirkan tingkat hunian rumah sakit rujukan COVID-19 bisa saja menjadi penuh atau overload. Untuk menjaga hal tersebut agar tidak terjadi, maka diperlukan beberapa lokasi khusus yang bisa dikondisikan untuk menjadi rumah sakit darurat untuk sementara.


Sebagaimana diketahui, bahwasannya Pemerintah Provinsi Jawa Timur saat ini telah memiliki RS Lapangan yang bertempat di halaman Museum Kesehatan yang terletak di jalan Indrapura Kota Surabaya. Sampai detik ini sudah banyak pasien yang berhasil sembuh setelah mendapatkan perawatan di RS yang bangunannya terdiri dari tenda besar tersebut.

Selain RS Lapangan yang sudah beroperasi sekitar satu bulanan ini, rupanya pemerintah telah menyiapkan salah satu hotel di Kota Surabaya ini yang juga akan di fungsikan sebagai RS.Lapangan. Hotel ini berada di pusat Kota Surabaya berdekatan langsung dengan Plaza Surabaya. Hotel dengan nama Grand Surabaya ini nantinya akan difungsikan untuk merawat pasien COVID-19 dan sebagai tempat beristirahat bagi para tenaga medis yang bertugas.

Pada hari Minggu (05/07/2020) kemarin, Hotel Grand Surabaya telah mendapatkan kunjungan dari Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional),
Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dan Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan (Menkes), mereka juga didampingi oleh perwakilan Komisi VIII dan IX DPR RI.

Kunjungan mereka ini dalam rangka untuk meninjau kesiapan dari Hotel Grand Surabaya yang akan difungsikan untuk Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19. Rombongan dari Jakarta ini langsung naik ke lantai 3 dan memeriksa kamar yang ada didalamnya. Namun sebelumnya mereka juga harus melewati pemeriksaan suhu tubuh terlebih dahulu. Selama 15 menit rombongan yang didampingi oleh beberapa staf hotel memeriksa kamar-kamar yang ada di dalam hotel tersebut.


Menurut Doni Monardo, Pihak Hotel Grand Surabaya telah menjalin kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hotel tersebut nantinya akan dialih-fungsikan menjadi RS Darurat Khusus bagi penanganan Covid-19. Hotel tersebut akan digunakan sebagai tempat untuk menangani pasien yang telah terkonfirmasi positif oleh Virus COVID-19. Selain itu hotel ini juga akan berfungsi sebagai tempat istirahat bagi para tenaga medis yang bertugas.

Dengan adanya lokasi RS Darurat di Hotel Grand Surabaya ini, maka harapannya akan dapat meringankan beban rumah sakit yang ada di Provinsi Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya. Jika memang hotel ini benar-benar menjadi RS Darurat maka segala infrastrukturnya akan segera disiapkan sehingga bisa segera menangani pasien COVID-19. (yyan)
*Gambar hanya ilustrasi

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad