NASA Ingatkan Jawa Timur Bakal Terimbas Akibat Lelehan Ini - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, December 14, 2020

NASA Ingatkan Jawa Timur Bakal Terimbas Akibat Lelehan Ini


NASA Ingatkan Jawa Timur Bakal Terimbas Akibat Lelehan Ini

 

Kabar Surabaya - Semua Ilmuan dari berbagai negara sudah memastikan bahwa kondisi bumi sudah dalam taraf yang mengkhawatirkan. Tingginya pemanasan global akibat polusi udara benar-benar membawa dampak yang sangat serius. Salah satu dampak yang sangat serius ini adalah melelehnya gunung es di Kutup Utara dan Kutub Selatan bumi.    


Dalam kurun waktu 10 tahun ini permukaan dari gunung es yang meleleh sudah bertambah luas. Dampak dari lelehan gunun es ini tentu saja akan menaikkan ketinggian dari permukaan air laut. Dengan naiknya permukaan air laut, maka banyak kota yang letaknya di tepi pantai akan terkena dampaknya secara langsung.

 


Meskipun letak Indonesia ini sangat jauh dari kutub, namun karena efek rotasi bumi dan gaya grafitasi, Indonesia juga bakalan terkena dampaknya. Hal ini juga terlihat dari piranti internet yang dimiliki oleh NASA. Piranti tersebut bisa mengetahui, kota-kota mana saja yang akan terkena dampak dari lelehan lapisan es di Kutub Utara maupun Kutub Selatan.

 

Data dari piranti tersebut menyatakan kalau ada lima kawsan di Indonesia yang akan terkena dampak dari lelehan lapisan es. Kelima daerah tersebut adalah : Jakarta yang akan terkena dampak dari peningkatan permukaan laut setinggi, 1,713 mm, Banda Aceh dengan peningkatan permukaan air laut setinggi 1,713 mm.

 

Sedangkan untuk Provinsi Jawa Timur sendiri  akan mengalami kenaikan setinggi 1,766 mm, Kota Makassar ketinggiannya akan mencapai 1,764 mm, Kota Manado dengan ketinggian 1,780 mm, terakhir adalah Kota Jayapura yang nantinya permukaan air lautnya akan naik setinggi 1,747 mm.

 

Laporan data prediksi peningkatan permukaan laut dari piranti ini juga telah dipublikasikan dan di diterbitkan di Science Advances. Dengan adanya laporan ini, maka negara yang akan terkena dampaknya ini diharapkan dapat mengantisipasinya lebih dini. harapannya dengan persiapan lebih tinggi, maka faktor resiko juga bisa ditekan seminim mungkin (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad