Mau Dapat Jatah Suntik Vaksin..?. Begini Cara Mendapatkan Dan Biayanya - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, December 16, 2020

Mau Dapat Jatah Suntik Vaksin..?. Begini Cara Mendapatkan Dan Biayanya


Mau Dapat Jatah Suntik Vaksin..?. Begini Cara Mendapatkan Dan Biayanya


Kabar Surabaya - Pada tahun 2021 mendatang, rencananya pemerintah akan segera melakukan vaksinasi Virus Corona kepada seluruh masyarakat. Hal ini memang sangat dibutuhkan, mengingat paparan Virus COVID-19 ini sudah sangat meresahkan. Karena itu dengan adanya vaksin ini, diharapkan Indonesia bisa segera bebas dari Virus yang berasal dari China ini.

 

Kabar gembira, rupanya datang dari pemerintah pada bulan November lalu. kabar ini berupa datangnya jutaan vaksin yang berasal dari perusahaan Sinovac - China. Namun, karena jumlahnya yang sangat terbatas, maka pemerintah telah menentikan enam kelompok yang akan mendapatkan prioritas pertama untuk mendapatkan vaksin ini.



Ke-enam kelompok ini adalah Tenaga Medis, Mereka yang memiliki penyakit bawaan, Mereka yang bertugas melayani kepentingan publik, Tenaga Pengajar, Tenaga ASN dan masyarakat umum. Vaksin ini akan diberikan secara bertahap kepada masyarakat setelah melalui pengujian dari BPOM dan mendapatkan sertifikasi dari lembaga, seperti halnya sertifikasi dari MUI.


Sebelumnya Menteri Kesehatan telah mengeluarkan surat dengan Nomor H.K.01.07/Menkes/9860/2020. Surat ini berisi mengenai Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Virus Corona . Surat tersebut menyebutkan bahwa Indonesia telah menetapkan enam jenis vaksin Corona untuk proses vaksinasi di Tanah Air. 


Ke-enam jenis Vaksin Corona tersebut antara lain berasal dari, PT Bio Farma (Persero), Astra Zeneca, China National Pharmaceitical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer and BioNTech, dan Sinovac Biotech Ltd. Namun, hingga saat ini pemerintah masih belum menjelaskan, apakah vaksin ini diberikan secara gratis, atau masyarakatharus membayar untuk mendapatkannya.


Dari informasi yang beredar di berbagai media, harga Vaksin Corona ini sangatlah bervariasi.Dari ke-enam perusahaan Vaksin tersebut harganya adalah sebagai berikut : 

1. Bio Farma sudah menetapkan harga vaksin Covid-19 Sinovac sekitar Rp 200.000 per dosis. 

2. Vaksin Moderna yang memiliki efektivitas sebesar 94% memiliki harga sebesar 37 dollar AS atau sekitar Rp 526.000 per dosisnya. 

3. Vaksin Pfizer/BioNTech yang memiliki efektivitas 95% dibandrolRp 283.000 per dosis. 


4. Vaksin Johnson & Johnson dan Vaksin Sputnik dihargai 10 dollar AS atau sekitar Rp 141.000. 

5. Vaksin Astra Zeneca yang dibuat oleh Universitas Oxford yang mempunyai efektivitas rata-rata 70%, dihargai 4 dollar AS atau sekitar Rp 57.000. 

6. Vaksin Novavax dipatok dengan harga 16 dollar AS atau sekitar Rp 226.000 per dosis.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad