Jutaan Vaksin Covid-19 Telah Tiba Di Indonesia, Tahapan Vaksinasi Segera Dilakukan - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, December 7, 2020

Jutaan Vaksin Covid-19 Telah Tiba Di Indonesia, Tahapan Vaksinasi Segera Dilakukan


Jutaan Vaksin Covid-19 Telah Tiba Di Indonesia, Tahapan Vaksinasi Segera Dilakukan


Kabar Surabaya - Sampai saat ini Virus Covid-19 masih tetap bercokol di Indonesia. Bahkan sekarang ini pemerintah sedang bersiap-siap dan mewaspadai penuh datangnya gelombang kedua dari serangan Virus Corona. Sebagaimana diketahui bersama, pasca liburan panjang Bulan Oktober lalu, ternyata terjadi kenaikan yang cukup signifikan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi positif oleh virus yang berasal dari China ini. Oleh karena itu, pemerintah tetap mewanti-wanti masyarakat agar tidak kendor terhadap protokol kesehatan 3M : Kenakan Masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.

 

Protokol kesehatan tersebut wajib untuk dipatuhi, mengingat hingga saat ini obat untuk Virus Corona ini belum ditemukan. Saat ini dunia medis berupaya menyembuhkan pasien covid-19 dengan melakukan donor plasma darah atau yang dikenal dengan Plasma Konvalesen. 



Pada prakteknya, pendonor ini berasal dari mereka yang telah sembuh dari serangan Virus Covid. Mereka yang telah sembuh ini diyakini memiliki antibodi yang mampu untuk menangkal virus Covid. Oleh karena itu, saat ini para penyintas Covid ini diharapkan bersedia mendonorkan plasma darahnya untuk membantu mereka yang saat ini masih dirawat akibat paparan infeksi Virus Corona.

 

Selain dari donor plasma, saat ini pemerintah juga sedang melakukan pembelian vaksin secara besar-besaran. Karena, selama obat Covid-19 belum ditemukan, maka vaksin adalah satu-satunya cara untuk memberikan kekebalan bagi masyarakat agar tidak mudah tertular oleh Virus Corona. 

 

Pada hari Minggu (06/12/2020) lalu, pesanan Vaksin dari produsen Vaksin Sinovac - China telah tiba di Indonesia. Tampak di Bandara Udara Soekarno - Hatta, Pesawat Boing 777-300 milik maskapai Garuda Indonesia menurunkan puluhan kontainer yang berisi vaksin. Sebelum melanjutkan perjalanan, puluhan kontainer ini terlebih dahulu dilakukan penyemprotan desinfektan secara menyeluruh ke semua bagiannya.

 

Selain 1.2 juta vaksin siap suntik, pemerintah juga telah melakukan pembelian vaksin dalam bentuk bahan baku curah. Tidak tanggung-tanggung vaksin yang akan datang pada bulan ini berjumlah 15 juta. dosis. Nantinya pada bulan Januari juga masih akan ditambah lagi sebanyak 30 juta dosis dalam bentuk yang sama. Khusus untuk vaksin dalam bentuk bahan baku curah ini, nantinya masih akan diproses lebih lanjut lagi oleh Bio Farma.

 

Lewat pesan vidio, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kedatangan jutaan vaksin ini diharapkan dapat menangani pandemi dan mencegah meluasnya wabah Virus Covid-19 di tanah air. Menurut beliau, saat ini semua daerah sudah melakukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan guna menyuntikkan vaksin tersebut kepada seluruh warganya. 

 


Namun penyuntikan vaksin ini juga membutuhkan waktu. Sebab tidak mungkin semua orang akan disuntik secara bersamaan. Hal ini juga tergantung kepada Sumber Daya Manusia (SDM) serta sarana yang akan digunakannya. Sedangkan semua tahapan-tahapan pemberian vaksin kepada masyarakat ini akan diatur sepenuhnya oleh BPOM. (yyan) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad