Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata Bagikan Ribuan Box Kemasan Praktis Daging Qur'ban Kepada Sesama - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, July 21, 2021

Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata Bagikan Ribuan Box Kemasan Praktis Daging Qur'ban Kepada Sesama


Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata Bagikan Ribuan Box Kemasan Praktis Daging Qur'ban Kepada Sesama 

 

Kabar Surabaya - Pandemi Virus Covid-19 yang masih bercokol di Tamah Air ini memaksa semua pihak untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa. Seperti halnya pada saat perayaan Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini. Pemerintah sepakat untuk peniadakan Sholat Ied berjamaah, instuksi tesebut diberikan untuk menghndari kerumunan massa disaat pandemi yang masih meninggi seperti saat ini.  

 

Selain peniadaan Sholat Ied berjama'ah, beberapa Masjid dan Mushola juga meniadakan pemotongan hewan Qur'ban. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan dari para panitia dan warga yang biasanya menyaksikan pemotongan hewan Qurban. 

 


Kondisi ini juga dialami oleh Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata yang harus meniadakan proses pemotongan hewan Qurban dilingkungan masjid. Namun, pemotongan hewan qurban diserahkan kepada Rumah Potong Hewan (RPH) yang berada di kawasan Krian.  Kondisi ini mengulang kejadian pada tahun 2020 yang lalu, dimana pemotongan hewan juga di lakukan di RPH yang ada di Kabupaten Ngawi.

 

Pemilihan RPH Krian ini dikarenakan jaraknya yang cukup dekat dari Kota Surabaya, mengingat saat ini banyak jalan yang ditutup karena penerapan PPKM Darurat. Selain itu, jarak yang dekat akan memudahkan untuk pengiriman hasil pemotongan hewan Qurban kepada yang membutuhkan.

 


Pada tahun 2021 ini Masjid Al-Muslimun memotong sebanyak 20 ekor sapi. Sapi-sapi tersebut dalah sapi dengan kualitas super yang didatangkan dari tiga lokasi, yaitu Krian, Tulangan - Sidoarjo dan Bojonegoro. Pada H-1 ke 20 sapi tersebut sudah masuk ke RPH Krian.

 

Tepat pukul 07.30wib pemotongan dimulai dan pada pukul 10.00wib seluruh sapi sudah sepenuhnya terpotong. Pemotongan berjalan cukup cepat, karena lokasi pemotongan hewan berada didalam ruangan yang cukup luas dan bersih. Setelah dilakukan pemecelan, daging langsung dikemas dalam kemasan kotak plastik yang praktis.

 

Setelah dikemas dengan rapi, daging sapi ini langsung dibawa ke Kota Surabaya dengan menggunakan Truk berpendingin. Hal ini untuk menjaga dan memastikan agar daging qurban tetap segar saat dibagikan. Dari hasil pemotonganini Masjid Al-Muslimun bisa membagikan Ribuan kotak plastik. dengan perincian sebagai berikut :

- Untuk pengorban 5kg sebanyak 140 pcs
- untuk warga dengan kemasan Kotak Plastik 1kg sebanyak 572 pcs
- untuk panitia, guru tpq, madin dengan kemasan Kotak Plastik 1kg sebanyak 74 pcs
- untuk mahasiswa kemasan kresek 1 kg sebanyak 6pcs
- untuk satpam kemasan kresek 1 kg sebanyak 13 pcs
- untuk dititipkan melalui pengorban kemasan kresek 1 kg sebanyak 610 pcs

Sehingga jumlah total keseluruhan adalah  1275 bungkus 

 

Tepat pukul 14.00wib, truk sudah di Kota Surabaya dan daging langsung di distribusikan kepada para pengurban dan mereka yang membutuhkan. Mereka yang menerima daging qurban ini umumnya terkejut sekaligus senang dengan inovasi kemasan praktis yang dilakukan oleh takmir Masjid Al-Muslimun ini.

 

Eka Setiawan, selaku Panitia Pemotongan Hewan Kurban, memaparkan bahwa kali ini pemotongan hewan Qurban dilkukan di RPH karena situsi yang tidak memungkinkan. Kondisi ini dikarenakan masih adanya pandemi COVID-19. 

 

"Proses pemotongan dan distribusi Alhamdullilah berjalan sangat lancar, pada tahun ini takmir Masjid Al-Muslimun berupaya mengemas daging qurban dengan kotak plastik agar daging tetap dalam kondisi baik saat diterima oleh pengurban dan mereka yang membutuhkan". (yyam)     

 

 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad