Memanfaatkan Destinasi Wisata Sejarah Untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, June 24, 2022

Memanfaatkan Destinasi Wisata Sejarah Untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif

 
Memanfaatkan Destinasi Wisata Sejarah Untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif


 

Opini Publik - Surabaya yang merupakan kota metropolitan telah menyimpan banyak tempat bersejarah yang cocok untuk dikunjungi oleh para pengunjung. Tempat wisata yang bersejarah di Kota Surabaya merupakan saksi perjuangan arek-arek Suroboyo dalam melawan penjajah. Di Kota Surabaya sudah menyediakan tempat berbagai layanan jasa wisata yang bisa menjelaskan sejarah dan dimanfaatkan oleh masyarkaat untuk mengembangkan ekonomi loh. Ada beberapa tempat wisata yang bersejarah di Kota Surabaya yang patut dikunjungi oleh masyarakat dari luar kota, yaitu:


Spot Foto Yang Cocok Untuk Wedding
Sumber: Instagram.com/potretsby

1.    Jalan Gula dan Jalan Karet

Bagi yang menyukai spot vintage. Bisa mengunjungi Jalan Gula dan Jalan Karet. Karena di Surabaya masih menyimpan tempat spot vintage yang banyak. Tempat ini sangat cocok bagi yang menyukai foto dan menyukai foto dengan bertemakan vintage Jalan Gula dan Jalan Karet yang tidak jauh dengan kawasan Jembatan Merah. Di Jalan Gula dan Jalan Karet merupakan tempat sejarah yang masih kental suasana nya. Karena saat kita mengunjungi Jalan Gula dan Jalan Karet kita akan merasakan kembali ke tempat masa lalu atau masa-masa penjajahan di Kota Surabaya. 


. Jalan Gula ini juga dekat dengan pabrik tembakau yang pemilik nya orang Belanda. Ditempat wisata bersejarah  itu memiliki lorong dan gang yang sempit dengan bangunan yang sudah tidak berpenghuni. Akan tetapi di Jalan Karet masih banyak bangunan yang berpenghuni dan masih aktif. Juga memiliki bangunan yang klasik dan indah. Di tempat wisata ini masyarakat juga menyediakan sewa sepada klasik untuk para pengunjung bisa menikmati pemandangan dan bisa dijadikan spot foto.


Monument Tugu Pahlawan
Sumber: Instagram.com/rizaldelarocha


2.    Tugu Pahlawan

Mungkin bagi warga Surabaya sudah sangat familiar dengan Tugu Pahlawan. Tapi bagi pengunjung yang berasal dari luar kota wajib mengunjungi tempat ini. Karena Tugu Pahlawan merupakan ikon Kota Surabaya. Di dalamnya juga terdapat museum dan penjelasan peninggalan sejarah saat arek-arek Suroboyo. Sangat cocok bagi keluarga untuk memperkenalkan sejarah ke anak-anaknya. Juga memiliki tempat spot foto yang bagus.

 

Bagi warga Surabaya juga dijadikan tempat untuk berjualan dan mengembangkan ekonomi kreatif dengan menjual kerjinan tas, kue tradisional, dan oleh-oleh khas Surabaya.

 

Jalanan Kota Surabaya Di Tunjungan Pada Malam Hari
Sumber: Instagram.com/alif.motret
3.    Jalan Tunjungan

Tempat ini pada awalnya belum diresmikan sebagai tempat wisata. Tapi baru-baru ini sudah diresmikan sebagai tempat wisata yang dibuka sekitar jam 18:00 WIB sampai 22:00 WIB. Bagi para pengunjung yang berasal dari luar kota sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini. Karena ini juga merupakan tempat bersejarah. Bangunan di sekitar Jalan Tunjungan merupakan peninggalan dari Belanda. 

 

   
Jalan Tunjungan ini pada malam hari  sekitar jam 18:00 WIB sampai 22:00 WIB banyak UMKM yang berjualan makanan yang sangat enak dan beberapa UMKM yang menjual hasil kerajinan tangan mereka. Juga banyak pertunjukan dari beberapa komunitas. Biasanya ada pertunjukan tari, pantomim, dan nyanyi. Juga ada spot foto yang bisa membuat para pengunjung mengabadikan momen di Jalan Tunjungan.


Suasana Siang Hari Di Wilayah Penjara Kalisosok
Sumber: Instagram.com/lovesuroboyo

4.    Penjara Kalisosok

Biasanya penjara memiiki suasana yang menyeramkan dan tidak cocok untuk berwisata. Tetapi berbeda dengan Penjara Kalisosok yang memiliki tempat spot yang bagus. Kok bisa begitu?, Karena di dinding luar Penjara Kalisosok di lukis dengan sangat cantik dan juga terdapat mural warna warni. Jadi bagi para pengunjung yang berasal dari luar kota harus banget datang kesini untuk sekedar berfoto untuk mengabadikan momen. Juga Penjara Kalisosok ditutup pada tahun 2000, jadi sangat aman bagi para pengunjung untuk menikmati suasana Penjara Kalisosok.


Suasana Malam Hari Di Museum House Of Sampoerna
Sumber: Instagram.com/fxagungnugroho


5.    Museum House Of Sampoerna

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui dengan tempat wisata ini. Pada awal nya Gedung Museum House of Sampoerna (HOS) sudah berdiri pada tahun 1862 yang merupakan panti asuhan. Kemudian tahun 1932 di beli oleh pemiliki pabrik rokok Sampoerna yang tujuan nya digunakan untuk tempat produksi. Gedung tersebut sudah mengalami beberapa kali renovasi. Akhirnya digunakan sebagai museum.


Bagi para pengunjung yang berasal dari luar kota harus bisa menyempatkan waktunya untuk mengunjungi Gedung Museum House of Sampoerna (HOS). Juga untuk masuk ke Gedung ini tidak dipungut biaya loh! dan juga ada tur gratis nya. Jadi sangat nyaman bagi para pengunjung untuk mengetahui apa aja yang ada di Gedung Museum House of Sampoerna (HOS). Di museum juga menyediakan oleh-oleh khas Surabaya atau kerajinan tangan yang bisa dibeli para pengunjung sebagai oleh-oleh.

 

Ternyata di Kota Surabaya banyak tempat yang seru. Walaupun mengandung sejarah, akan tetapi tdak mengurangi rasa keseruan yang ditonjolkan. Juga tidak kalah seru untuk wisata di kota lain atau negara lain. Masih banyak tempat wisata yang harus kita kelilingi untuk di Kota Surabaya. Warga Surabaya memanfaatkan tempat bersejarah untuk mencari rezeki dengan membuat jualan nya lebih modern dan menarik. Jadi jangan ragu lagi buat kalian untuk mau berwisata dan liburan di Kota Surabaya. Yuk liburan di Kota Surabaya!



Biodata Penulis:

Mahasiswi Studi Hubungan Internasional Ghina Hanum Sari, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Penulis masih aktif mengikuti mata kuliah Pariwisata Internasional dan Ekonomi Kreatif yang diampuh oleh Resa Rasyidah, S.Hub.Int dan Praja Firdaus N.,S.Hub.Int.,M.Hub.Int. Penulis juga aktif mengikuti organisasi Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, bagian Staff Pengawasan. Penulis memiliki kegemaran membaca novel dan memasak kue.Mencintai alam dan jalan-jalan ke berbagai tempat

Refrensi :
Wardhani, H. K. (2018, Agustus). 14 Tempat Wisata Sejarah Di Surabaya Untuk Pengalaman Yang Berkesan. Retrieved from tripzilla.id: https://www.tripzilla.id/wisata-sejarah-di-surabaya/12514/amp



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad