Waspada !!!, Ternyata Kartu Tol Bisa Expired, Begini Cara Mengatasinya.. - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, September 13, 2021

Waspada !!!, Ternyata Kartu Tol Bisa Expired, Begini Cara Mengatasinya..


Waspada !!!, Ternyata Kartu Tol Bisa Expired, Begini Cara Mengatasinya..

Kabar Suabaya - Sejak era Presiden Joko Widodo, pembangunan infrastruktur jalan tol seakan di kebut dengan kencang. Sudah puluhan ribu kilometer jalan tol yang telah dibangun di seluruh Indonesia. Selain bisa memperpendek waktu tempuh, jalan tol juga bisa menjadi alternatif untuk menghindari kemacetan. Kendaraan juga dijamin aman, karena kondisi jalan tol selalu dirawat dengan baik sehingga bebas dari jalan yang rusak.

 


Perawatan untuk jalan tol ini tentunya tidak murah, pengelola jalan tol harus memastikan bahwa jalanan tersebut bebas dari kerusakan. Kerusakan seperti jalan berlobang hingga jalanan yang terendam banjir tidak boleh ada di jalan tol. Untuk membiayai peratawatan jalan tol ini maka pengelola akan mengenakan tarif bagi para pengguna yang masuk ke jalan tol.

 

Saat ini semua pembayaran tarif tol telah menggunakan cara elektronik. Semua pengendara yang akan memasuki jalan tol harus sudah memiliki kartu toll / E-Toll. Kartu ini harus diisi sesuai dengan jarak tempuh yang akan dilalui. Semakin jauh jarak tempunya, semakin mahal pula biayanya.

 

Namun, tahukan anda jika kartu E-Tol tersebut memiliki masa waktu berlaku (expired)...?. Jika kartu T-toll yang dimiliki oleh pengendara sudah expired, maka ketika kartu tersebut ditempelkan pada pnitu keluar Gate), gerbang tol tidak akan terbuka. Nantinya, pada keterangan yang ,akan tertulis Expired.

 

Banyak pihak yang rupanya belum pernah mengalami kejadian ini, akibatnys mereka akan tertahan dipintu tol karena gerbang tol tidak mau terbuka. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, caranya cukup mudah. Nantinya para pengendara kendaraan tinggal memencet tobol darurat atau memanggil petugas tol untuk meminta bantuan.

 

Nantinya pengemudi akan dibantu untuk melakukan pembayaran agar bisa melewati gerbang tol. Lantas, apakah dana yang ada didalam kartu tersebut hangus...?. Tenang saja, karena dana yang ada didalam kartu tersebut akan tetap aman dan tidak berkurang sedikitpun. Dana tetap akan bisa digunakan untuk pembayaran tarif tol seperti biasanya.

 

Menurut petugas Tol, kejadian expired ini dikarenakan kendaraan terlalu lama berada didalam tol. Hal ini biasanya pengemudi istirahat di rest area terlalu lama, bahkan bisa jadi ketiduran dengan waktu yang lama. Karena jarak tempuh didalam tol ini sudah dilakukan penghitungan secara detail. Biasanya kasus expired ini dikarenakan waktu tempung pengemudi mulai masuk tol hingga keluar memakan memakan waktu 1,5x hingga 2x waktu normal.

 

Jadi, jangan khawatir jika mengalami kejadian tersebut, tinggal meminta tolong petugas yang ada di gerbang tol. Tidak perlu panik, karena kartu masih bisa diginakan dan dana tetap aman. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad