Masyarakat Umum Dengan Kualifikasi Ini Akan Mendapatkan Suntikan Vaksin Moderna - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, August 17, 2021

Masyarakat Umum Dengan Kualifikasi Ini Akan Mendapatkan Suntikan Vaksin Moderna

Masyarakat Umum Dengan Kualifikasi Ini Akan Mendapatkan Suntikan Vaksin Moderna


Kabar Surabaya - Saat ini, semua daerah di Indonesia terus berupaya untuk melakukan percepatan vaksinasi kepda seluruh masyarakat. Hal ini mutlak diperlukan agar segera tercapai Herd Imunity (Kekebalamn Kelompok)  dan memutus mata rantai penularan Virus Covid-19. Sehingga kehidupan masyarakat bisa kembali normal seperti sedia kala.

 


Saat ini cakupan vaksinasi bagi masyarakat sudah mencapai ke usia 12 tahun keatas. Meski demikian pemerintah perlu juga melakukan pemerataan pemberian vaksin Covid-19 ini di seluruh Indonesia. Karena di beberapa daerah, pencapaiannya masih terbilang minim. Bahkan masih banyak daerah yang belum menuntaskan pemberian vaksin bagi usia lansia (60 tahun keatas)

 

Sedangkan untuk kota besar seperti halnya Surabaya, pencapaian vaksinnya sudah mencpai di kisaran 70% untuk vaksin dosis pertama. Saat ini Pemkot Surabaya masih menggenjot pencapaian vaksinasi untuk tahap kedua. Setelah taham pedua ini selesai, maka akan di ulang lagi ke tahap pertama bagi yang belum menerima vaksin.

 

Merek vaksin yang digunakan di Indonesia ini beragam macamnya, seperti halnya Sinovac, Sinopharm, Astra Zenika, Pfizer dan terakhir adalah merek Moderna. Merek Moderna ini merupakan vaksin yang baru masuk ke Indonesia pada akhir Bulan Juli lalu. Vaksin Moderna ini merupakan vaksin yang diproduksi oleh negara Amerika Serikat.

 

Vaksin Moderna ini dibuat oleh platform mRNA dengan nukleosida dimodifikasi yang dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 sehingga dapat mencegah penyakit Covid-19. Vaksin ini din ilai cukup baik, karena tingkat efikasinya mencapai 94% bagi usia 18 tahun hingga 65 tahun dan baru turun menjadi 86 persen bagi mereka yang berusia diatas 65 tahun.

 

Vaksin Moderna ini dikenal sangat aman bagi kelompok populasi masyarakat yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Komorbid yang dimaksud ini adalah penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, penyakit lever hati, dan HIV. Ada 5juta dosis Vaksin Moderna yang telah didatangkan pemerintah hingga saat ini.

 

Pihak pertama yang mendapatkan Vaksin Moderna ini adalah tenaga kesehatan. Mereka akan mendapatkan suntikan vaksin untuk yang ketiga kalinya sebagai Vaksin Boster. Hal ini sudah ditetapkan oleh pemerintah karena banyak juga tenaga medis yang saat ini terpapar oleh Virus Corona.

 

Vaksin Moderna ini rupanya juga akan diberikan kepada masyarakat umum. Namun perlu diingat bahwa vaksin Moderna ini tidak diberikan sebagai vaksin Boster bagi masyarakat. Pemberian Vaksin Moderna untuk masyarakat umum ini nantinya juga diberikan untuk dua kali dosis suntikan sebagaimana vaksin yang lainnya.

 


dr Siti Nadia Tarmizi, selaku juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, mengemukakan bahwa Vaksin Moderna ini peruntukannya sama seperti vaksin lainnya. Vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat yang hingga saat ini berlum tervaksin. Perlu ditekankan disini, untuk masyarakat umum tidak akan ada Vaksin Boster atau suntikan yang ketiga.  (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad