Mengulik Lokasi Titik Nol (0) Kota Surabaya - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, March 9, 2021

Mengulik Lokasi Titik Nol (0) Kota Surabaya

Mengulik Lokasi Titik Nol (0) Kota Surabaya 


Kabar Surabaya - Titik Nol adalah suatu patokan untuk mengukur jarak kota satu ke kota lainnya. Misalkan jarak antara kota Surabaya dan Kabupten Magetan, maka pengukuran akan dilakukan dengan menghubungkan Titik Nol dari kedua daerah tersebut. 


Lantas, dimanakah Titik Nol Kota Surabaya...?. Sebelum tahun 2018, sebagian besar warga Kota Surabaya tidak mengetahui dimana Titik Nol kota ini berada. Banyak yang asal sebut, seperti di Bundaran Waru, Balai Kota, Tanjung Perak atau di Tugu Pahlawan. Hal ini dikarenakan Titik Nol Kota Pahlawan masih tersembunyi di dalam pekarangan Kantor Gubenur Jatim yang terletak di seberang Tugu Pahlawan.

 


Hal ini kemudian membuat banyak pegiat sejarah Kota Surabaya maupun masyarakat lainnya bersuara. Mereka tentunya ingin Titik Nol Kota Surabaya ditenpatkan di tempat terbuka agar bisa diketahui secara luas. Bahkan letak Titik Nol Kabupaten/Kota lainnya dibangun dengan sangat bagus dihiasi beragam ornamen disekitarnya.

 

Akhirnya, pada akhir tahun 2018 Gubenur Soekarwo meresmikan tugu yang bernama Tugu Parasamnya Purnakarya Nugraha. Tugu yang identik dengan beragam kesenian yang ada di Provinsi Jawa Timur ini menjadi latar belakang dari Tugu Titik Nol Kota Surabaya. 

 

Tugu yang terbuat dari bagian kuningan ini merupakan karya I Nyoman Nuarta, seniman yang juga membuat Garuda Wisnu Kencana (GWK). Tugu ini menggambarkan beragam kesenian khas Provinsi Jawa Timur. Beragam kesenian yang ditampilkan disini adalah seni Reog Ponorogo, Karapan Sapi, hingga Tari Gandrung. Sedangkan pada bagian bawah terdapat kolam ikan dan replika dari penghargaan yang pernah diperoleh oleh Provinsi Jawa Timur.

 

Patung yang dibuat dengan dana APBD sebesr 2.6 Milyar ini berukuran tinggi 5 meter dan lebar keseluruhan 10 meter. Dengan ukuran sedemikian besar dan letaknya yang pas di tikungn jalan, Tugu Titik Nol Kota Surabaya ini bisa terlihat dengan jelas dari sisi mnapun. Tidak heran, kalau tugu ini sering dijadikan object foto bagi masyarakat, baik warga luar kota maupun warga Kota Surabaya sendiri. (yyan) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad