Mengenal Ragam Beasiswa 2021 Dan Langkah - Langkah Untuk Mendapatkannya - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, March 11, 2021

Mengenal Ragam Beasiswa 2021 Dan Langkah - Langkah Untuk Mendapatkannya

Mengenal Ragam Beasiswa 2021 Dan Langkah - Langkah Untuk Mendapatkannya

 

Kabar Surabaya - Tentunya semua masyarakat sudah sangat paham kalau biaya pendidikan di Indonesia ini termasuk sangat tinggi, terutama untuk biaya pendidikan di tingkat Universitas. Apalagi saat ini kondisinya masih diselimuti oleh Pandemi COVID-19 yang mengakibatkan semua masyarakat terhimpit ekonominya.

 

Untuk meringankan biaya kuliah ini, maka calon mahasiswa/mahasiswi bisa segera berburu beasiswa yang disedikn oleh pemerintah. Dengan adanya beasiswa ini, harapannya bisa membantu para calon pemimpin bangsa ini bisa menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Sehingga saat lulus nanti bisa meneruskan pembangunan di Indonesia ini.

Beragam beasiswa yang saat ini tersedia dan bisa didapatkan oleh masyarakat adalah :

 


1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi berada didalam tanggung jawab Kementrian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti). Program Beasiswa Bidikmisi ini adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.  


Pogram Besiswa ini hanya khusus diberikan untuk mahasiswa yang mengambil diploma tiga atau empat (D3/D4) serta bagi mereka yng kan mengambil  Sarjana S-1

Info pendaftaran : https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/


2. Beasiswa Program Beasiswa Santri Berprestasi. (PBSB)

Program Beasiswa Santri Berprestasi.(PBSB) berada didalam tanggung jawab Kementrian Agama (Kemenag). PBSB adalah sebuah program afirmatif perluasan akses bagi santri untuk melanjutkan studi sarjana dan profesi melalui suatu program khusus yang terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri.

 

Program Besiswa ini akan memberikan bantuan pembiayaan yang diperlukan kepada santri yang telah memenuhi syarat, sampai dengan pembinaan masa studi dan pembinaan pengabdian setelah lulus nantinya.

Info pendaftaran : https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/ 

 

3. Beasiswa Unggulan Dosen Indinesia ( BUDI)

Sesuai dengan namanya, program Beasiswa ini dikhususkan bagi mereka yng memiliki profesi sebagai dosen di perguruan tinggi. Beasiswa BUDI diterbitkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

 

Tujuan dari adanya Beasisw BUDI ini adalah untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi Dosen di Indonesia. Sinergi ini dilakukan untuk menunjukan bahwa pemerintah memiliki komitmen yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia  

Info Pendaftaran : http://budi.ristekdikti.go.id/dn/ 


4. Beasiswa Unggulan

Program Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa dalam negeri bagi mahasiswa S1, S2, dan S3. Para peserta yang dapat mengikuti program beasiswa ini adalah para calon mahasiswa (mahasiswa baru) yang telah mendapatkan surat keterangan lulus dari perguruan tinggi atau mahasiswa yang baru saja melaksanakan perkuliahan pada semester 1 dan belum mendapatkan KHS. Bisa juga mahasiswa yang on-going yang sudah memulai perkuliahan maksimal pada semester 3 (semua jenjang).

Ssaran dari Beasiswa Unggulan ini dalah mereka yang memiliki prestasi tingkat internasional dan/atau nasional dan memiliki berkontribusi kepada daya saing bangsa disegala bidang. Cakupan dari besiswa ini adalah Biaya Pendidikan SPP/UKT/Semester, Biaya hidup dan Biaya buku.

Info pendaftaran : https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/bantuan

5. Beasiswa LPDP

Program Beasiswa LPDP adalah program yang sangat dinantikan oleh masyarakat, terutama mereka yang sakan menempuh pendidikan Perguruan Tinggi. Selin cakupnnya yang luas, jenis pembiayaannya juga cukup besar. 

 

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.




Beasiswa LPDP ini  ditujukan guna peningkatan aksesibilitas pendidikan tinggi bagi semua rakyat Indonesia, dengan tetap mengedepankan aspek-spek kualitas pendidikan. Beasiswa LPDP juga diharapkan mmpu menjadi lokomotif kemajuan bangsa Indonesia.



Sasaran pelamar beasiswa ini adalah semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang yang telah memenuhi persyaratan dan berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral, serta mempunyai rencana kontribusi terhadap pasca studi untuk kemajuan Indonesia. 

 


Komponen Besiswa LPDP ini sangat luas, meliputi Dana Pendidikan (Dana Pendaftaran, Dana SPP,  Dana Tunjangan Buku, Dana Bantuan Penelitian  Tesis/Disertasi, Dana Bantuan Seminar Internasional, Dana Bantuan Publikasi Jurnal  Internasional). Dana Pendukung (Dana Transportasi, Dana Aplikasi Visa/Residence Permit, Dana Asuransi Kesehatan, Dana Hidup Bulanan, Dana Kedatangan, Dana Tunjangan keluarga  (Khusus Doktoral), Dana Keadaan Darurat), Selin itu jug msih ad datan tmbahan khusus bgi pendidikan dokter spesialis dan penyandng disbilitas.  

 

Pendaftaran beasiswa LPDP ini dilaksanakan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen kelengkapannya pada laman resmi LPDP di : www.beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. (yans)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad