BREAKING NEWS : Kasus Gagal Ginjal Misterius Capai Ratusan, Kemenkes Larang Obat Dalam Bentuk Sirup - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, October 19, 2022

BREAKING NEWS : Kasus Gagal Ginjal Misterius Capai Ratusan, Kemenkes Larang Obat Dalam Bentuk Sirup

BREAKING NEWS : Kasus Gagal Ginjal Misterius Capai Ratusan, Kemenkes Larang Obat Dalam Bentuk Sirup


Kabar Surabaya - Setelah meredamnya kasus Covid-19 diseluruh dunia, saat ini muncul kasus penyakit baru yang juga mulai meresahkan masyarakat. Penyakit ini menyerang fungsi ginjal dan bisa menyebabkan kematian. Hingga para ahli menamakan penyakit ini sebagai gagal Ginjal Akut Misterius. Penyakit ini kebanyakan menyerang anak - anak mulai usia balita hingga remaja. Kata misterius yang disematkan tersebut dikarenakan hingga saat ini masih belum ditemukan secara pasti apa yang menjadi penyebab dari penyakit gagal Ginjal  ini.

 


Berdasarkan data yang ada, rupanya penyakit Gagal Ginjal Misterius ini sudah mulai masuk ke Indonesia. Gak tanggung-tanggung sampai saat ini jumlahnya sudah mencapai 192 kasus. Beberapa anak yang dinyatakan positif Gagal Ginjal Misterius ini akhirnya meninggal dunia. Semakin hari angkanya semakin naik, bahkan di Sumatera Utara, dari 7 anak yang menderita Gagal Ginjal Misterius, 6 diantaranya meninggal dunia.

 

Lantas, bagaimana dengan Kota Surabaya sendiri...?. Sampai saat ini masih belum ada laporan yang masuk mengenai penyakit Gagal Ginjal Misterius di Kota Surabaya. Meski demikian, Pemkot Surabaya telah mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk menyiapkan dua rumah sakit sebagai lokasi untuk perawatannya, apabila kelak ditemukan penyekit tersebut.

 

Meskipun penyebab dari penyakit Gagal Ginjal Misterius ini masih belum bisa ditemukan, namun belakangan ini beredar kabat bahwa obat Sirup Paracetamol bisa memicu terjadinya penyakit tersebut. Hal ini berkaca pada kasus yang terjadi di negara Gambia - Afrika. Dimana ada 66 anak yang tewas akibat penyakit Gagal Ginjal Misterius.

 

Dari laporan WHO, anak-anak tersebut rupanya telah meminum obat batuk yang mengandung Paracetamol. Ke-empat obat batk tersebut merupakan produksi dari negara India, denga merk Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup, dan Magrip N Cold Syrup. Akhirnya Pemerintah Gambia menangguhkan penjualan dan menarik semua merk sirup parasetamol dari negara mereka.



Sedangkan WHO mencatat ada dua kandungan zat berbahaya yang diduga bisa menyebabkan penyakit Gagal Ginjal Akut Misterius tersebut, yaitu dietilen glikol dan etilen glikol. Meski demikian Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa merk tersebut tidak masuk ke Indonesia. Mengenai dugaan kedua zat berbahaya tersebut, juga belum ada penelitian secara pasti. Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk tidak terlalu panik.

 

Namun mulai hari ini seluruh Apotek yang ada di Indonesia dilarang untuk menjual obat apapun dalam bentuk sirup  Hal ini juga berlaku bagi para tenaga kesehatan atau dokter untuk tidak meresepkan obat dalam bentuk siruo sampai ada pengumuman lebih lanjut dari pemerintah. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad