Aseeek, Rute Wisata Perahu Kalimas Diperpanjang Sampai Tanjung Perak - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, October 12, 2022

Aseeek, Rute Wisata Perahu Kalimas Diperpanjang Sampai Tanjung Perak

Aseeek, Rute Wisata Perahu Kalimas Diperpanjang Sampai Tanjung Perak


Kabar Surabaya - Sungai Kalimas adalah sungai yang banyak memiliki nilai historis bagi Kota Surabaya. Sungai yang juga menjadi bagian terciptanya nama Kota Surabaya ini membelah Kota Pahlawan menjadi 2 bagian, yaitu bagian Timur dan Barat. Sebelum masifnya pertumbuhan kendaraan bermotor seperti saat ini, Sungai Kalimas telah menjadi jalur penting sarana transportasi dengan puluhan perahu-perahu kecilnya.

 


Rute perahu yang masuk ke Kota Surabaya ini bermula di kawasan Tanjung Perak. Dari sana, barang-barang kebutuhan masyarakat dipindahkan dari Kapal Besar ke perahu-perahu kecil yang siap mengantarkannya ke lokasi tujuan. Nostalgia itulah yang akhirnya membuat Pemerintah Kota Surabaya ingin kembali mengembalikan fungsi dan kejayaan Sungai Kalimas seperti dulu lagi. Paling tidak sebagai jalur alternatif transportasi selain menggunakan jalan darat.


Upaya memfungsikan kembali Sungai Kalimas sudah dimulai sejak era kepemimpinan Walikota Tri Rismaharini. Upaya tersebut dengan membuka wisata perahu Kalimas yang ada di Tamas Prestasi. Kemudian rute wisata perahu Kalimas juga ditambah dengan rute Monumen Kapal Selam (Monkasel) hingga ke Siola. 

 

Dalam waktu dekat ini rute perahu wisata tersebut akan tersambung hingga ke Jambatan Petekan yang ada dikawasan Tanjung Perak Surabaya. Rute ini merupakan rute terbaru yang nantinya juga akan melintasi kawasan Jembatan Merah juga.

 

Dalam pembukaan rute baru ini, Pemkot Surabaya telah menggandeng PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 3 sebagai pihak pengelola kawasan Tanjung Perak. Nantinya para pengunjung akan mendapatkan banyak lokasi wisata, seperti Taman Petekan, Cafe Riverside, serta banyak spot-spot foto lain yang cukup menarik. Apalagi adanya Pelabuhan rakyat dengan kapal kayu Phinisinya yang pasti sangat unik untuk disaksikan oleh para pengunjung.   


Mengenai harga tiketnya, nantinya akan segera disesuaikan. Setelah itu rute terbaru ini akan segera dimunculkan pada website tiketwisatasurabaya.go.id, sehingga masyarakat yang ingin menikmati rute baru ke arah Tanjung Perak ini bisa segera memberlinya secara online. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad