Panitia Haji Periksa Barang Bawaan Jema'ah, Berikut Barang yang Dilarang Keras Untuk Dibawa !! - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, June 7, 2022

Panitia Haji Periksa Barang Bawaan Jema'ah, Berikut Barang yang Dilarang Keras Untuk Dibawa !!

Panitia Haji Periksa Barang Bawaan Jema'ah, Berikut Barang yang Dilarang Keras Untuk Dibawa !!

 

Kabar Surabaya - Naik Haji adalah salah satu ibadah yang wajib untuk dilaksanakan bagi mereka yang mampu. Indonesia sendiri sebagai salah satu negara yang penduduknya banyak memeluk Agama Islam setiap tahunnya selalu memberangkatkan ratusan ribu jema'ah Haji. Saking banyaknya para jema'ah Haji yang akan berangkat ke Tanah Suci, lama antriannya bisa sampai puluhan tahun. 



Walaupun saat ini pemerintah Arab Saudi memberlakukan pembatasan berupa kuota Jama'ah dan usia maksimal 65 tahun untuk usia tertua, namun antusias Jema'ah Haji asal Indonesia masih tetap tinggi.  Mereka yang tahun ini mendapatkan jatah untuk berangkat ke Tanah Suci sudah menyiapkan segala sesuatunya. Persiapan seperti mental, fisik maupun barang bawaan yang akan dibawa telah diperhitungkan secara matang. 

 

Surabaya sendiri pada bulan Juni ini akan memberangkatkan Jema'ah haji untuk kloter pertamanya. Maka dari itu semua Jema'ah Haji sudah mulai berkumpul di Asrama Haji bagi yang terkoordinir melalui Embarkasi Surabaya. Disini semua perlengkapan barang milik Jama'ah yang akan dibawa ke tanah Suci juga diperiksa dengan cermat. 

 

Hal tersebut dikarenakan masih banyak para jema'ah yang rupanya masih kedapatan membawa barang-barang yang sejatinya tidak boleh dibawa ke Tanah Suci atau sekedar naik ke atas Pesawat. Maka tidak heran bila setiap tahunnya, banyak barang bawaan Jama'ah Haji yang harus ditinggal di lokasi karena tidak boleh untuk dibawa. Ragam barang bawaan yang beberapa kali kedapatan dibawa oleh para Jema'ah ini beragam, seperti Rice cooker, Pisau, Gunting, Rokok dalam jumlah banyak, kompor listrik dan barang-barang lainnya.


Berdasarkan aturan dari Kementrian Agama, ada 11 macam barang yang tidak boleh dibawa oleh para Jama'ah Haji. barang-barang tersebut adalah :

1. Senjata Tajam

2. Perhiasan dan Uang Tunai Berlebihan

3. Barang yang Mudah Bocor

4. Peralatan yang Mengandung Gas

5. Mengaktifkan HP dan Membawa Barang Berbahan Magnet

6. Bahan Peledak

7. Cairan yang Bersifat Korosif

8. Cairan dalam Botol (Saos, Kecap dan Sambal)

9. Makanan Berbau Menyengat

10. Obat-obatan Terlarang

11. Gambar/VCD asusila atau sejenisnya (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad