Begini Cara Beli Pertalite dan Bio Solar, Download Dulu 2 Aplikasi Ini - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, June 17, 2022

Begini Cara Beli Pertalite dan Bio Solar, Download Dulu 2 Aplikasi Ini

Begini Cara Beli Pertalite dan Bio Solar, Download Dulu 2 Aplikasi Ini


Kabar Surabaya - Sebagaimana diketahui bersama bahwa Pertamina akan segera melakukan pembatasan terhadap komsumsi BBM jenis subsidi. Untuk saat ini Pertamina masih melakukan subsidi terhadap BBM jenis Pertalite dan Bio Solar. Subsidi inilah yang mengakibatkan harga kedua jenis BBM tersebut tidak mengalami kenaikan. Padahal saat ini harga minyak dunia ssudah melambung tinggi. Maka tidak heran BBM jenis Pertamax dan Pertamax Turbo harganya sudah naik sejak beberapa bulan yang lalu.


Celakanya, kenaikan harga kedua jenis BBM tersebut mengakibatkan sebagian masyarakat yang biasanya mengisi kendaraannya dengan Pertamax, berpindah ke Pertalite. Kondisi ini tentu saja membuat tingkat ketersediaan Pertalite menjadi sangat terbatas. Maka dari itu, wacana pembatasan yang dilakukan oleh Pemerintah terlihat semakin menguat.



Salah satu cara Pertamina melakukan pembatasan terhadap komsumsi Pertalite dan Bio Solar dengan penggunaan aplikasi MyPertamina. Aplikasi ini sebenarnya sudah lama dimiliki dan digunakan oleh Pertamina dan masyarakat. Hanya saja baru kali ini akan dimaksimalkan lagi sebagai piranti untuk melakukan pembatasan komsusmsi Pertalite. Nantinya masyarakat harus mendaftarkan nopol kendaraannya pada aplikasi MyPertamina tersebut. 

 

Sedangkan untuk metode pembayaran secara online masyarakat juga harus mendownload lagi aplikasi yang bernama LInkAja. Nantinya dari aplikasi tersebut masyarakat bisa melakukan top-up untuk kemudian melakukan pembayaran di SPBU. Setelah kedua aplikasi tersebut dihubungkan


Berikut Cara Mendaftar MyPertamina untuk mengisi BBM

1. Unduh aplikasi MyPertamina melalui Google Play Store atau App Store bagi pengguna IoS
2. Buka aplikasi MyPertamina dan muncul laman setup dan klik ‘Lanjutkan’
3. Pilih ‘mulai’ dan isi nomor telepon dan PIN 6 digit, kemudian klik ‘Daftar’
4. Lakukan Registrasi. dengen mengisi Nama Lengkap, Nomor Telepon, PIN 6 Digit, ketik ulang PIN 6 digit dan klik ‘Daftar’
5. Kemudian MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomor HP yang didaftarkan
6. Masukkan kode OTP pada kolom yang disediakan dan klik ‘Verifikasi’


Sedangkan untuk mendaftar pada aplikasi LinkAja adalah sebagai berikut

1. Unduh LinkAja melalui Play Store atau App Store.
2. Buka aplikasi LinkAja yang sudah terpasang di smartphone. Akan  halaman informasi tentang LinkAja. Geser halaman ke kiri sampai muncul halaman syarat dan ketentuan. Kemudian Anda scroll ke bawah dan ketuk "Lanjutkan".
3. LinkAja akan meminta izin mengakses lokasi (ponsel), ketuk "Izinkan" untuk melanjutkan proses registrasi. Setelah itu, masukkan nomor ponsel dan ketuk "Mulai".
4. Dapatkan kode verifikasi LinkAja melalui Short Message Service (SMS). Kode tersebut merupakan PIN yang harus dimasukkan untuk melanjutkan proses registrasi.
5. LinkAja akan meminta untuk memasukkan data pribadi, nama, foto, dan alamat email. Setelah itu, masukkan kode verifikasi dan ketuk "Lanjutkan".
6. SMS akan dikirim olrh dari LinkAja untukmenginformasikan status keberhasilan registrasi.

 


Lalu untuk menghubungkan Aplikasi MyPertamina dan LinkAja adalah sebagai berikut

1. Buka aplikasi MyPertamina lalu pada halaman utama klik “AKTIFKAN”.
2. Pastikan sudah memiliki akun LinkAja, lalu klik “SUDAH”. ...
3. Masukkan kode PIN akun LinkAja .
4. Masukkan kode Verifikasi dan Akun LinkAja SUDAH TERHUBUNG.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad