Waspada Minyak Goreng Oplosan, Begini Ciri Cirinya - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, March 20, 2022

Waspada Minyak Goreng Oplosan, Begini Ciri Cirinya

Waspada Minyak Goreng Oplosan, Begini Ciri  Cirinya


Kabar Surabaya - Silang sengkarut minyak goreng di Indonesia ternyata berakhir anti klimaks dan membuat para emak-emak kelimpungan, Bagaimana tidak, saat ini harga minyak goreng kemasan premium mencapai hampir Rp 50.000. Hal ini tentu saja membuat emak-emak harus pandai-pandai menyiasati uang jatah bulanan yang tergerus akibat mahalnya minyak goreng ini.



Untuk mengatasi mepetnya uang belanja bulanan, bisa jadi masyarakat akan beralih untuk memberi minyak goreng curah. Saat ini pemerintah telah memberikan Harga Eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng jenis ini sebesar Rp 14.000. Minyak goreng jenis ini bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional. Biasanya kemasannya berupa  plastik yang diikat pada ujungnya.


Ditengah mahalnya harga minyak goreng ini, masyarakat harus waspada terhadap peredaran minyak goreng Oplosan. Biasanya minyak goreng tersebut diberi nama minyak goreng palsu atau minyak goreng abal-abal. Biasanya minyak goreng oplosan ini merupakan binyak goreng bekas yang diberikan bahan campuran tertentu agar bisa tampak menyerupai minyak goreng yang bagus. 


Jadi masyarakat harus benar-benar berhati-hati untuk membeli minyak goreng jenis curah ini. Karena efeknya tentu saja tidak baik buat kesehatan. Agar tidak tertipu oleh minyak goreng Oplosan, seperti ini ciri-ciri dari minyak goreng Oplosan tersebut 

1. Warna Dari Mminyak Goreng

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melihat minyak goreng tersebut asli atau oplosan adalah dengan melihat warna dari minyak goreng tersebut..Minyak goreng asli memiliki warna kuning hingga kuning pucat, jika terlihat warna selain itu atau didapati warna yang lebih gelap maka bisa dinyatakan tidak normal atau termasuk minyak goreng oplosan.


2. Bau

Minyak goreng oplosan juga bisa dideteksi dengan cara mencium baunya. Biasanya minyak goreng palsu memiliki bau yang khas.Minyak goreng asli memiliki bau yang khas, yaitu bau kelapa atau cenderung tidak berbau. Jika tercium bau lain, seperti bau tengik, amis dan lainnya maka dapat dinyatakan minyak goreng tersebut oplosan atau palsu.


3. Perhatikan tekstur

Cara terakhir,dengan mendeteksi melaluipenampakan atau tekstur. Minyak goreng asli umumnya memiliki tekstur yang cair dan encer. Sedangkan minyak goreng oplosan biasanya memiliki tekstur yang cenderung lebih kental, mengingat minyak oplosan terbuat dari minyak bekas, maka tentunya sudah digunakan untuk menggoreng secara berulang.


Oleh karena itu, selalu telitilah dengan cermat sebelum membeli minyak goreng curah. Karena minyak goreng oplosan tentunya bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang sangat serius. (hjh)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad