Profil Wasit Kontroversial Derbi Suromadu, Wasit Terbaik PSSI dan Anggota TNI - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, March 1, 2022

Profil Wasit Kontroversial Derbi Suromadu, Wasit Terbaik PSSI dan Anggota TNI

Profil Wasit Kontroversial Derbi Suromadu, Wasit Terbaik PSSI dan Anggota TNI

 

Kabar Surabaya - Pertandingan sepakbola antara Persebaya Surabaya dan Madura United (MU) pada hari Senin (28/02.2922) malam kemarin benar-benar menghadirkan atmosfir pertandingan yang cukup apik. Kedua tim saling menyerang dan MU harus kecolongan gol cepat terlebih dahulu dari Bruno Moreira yang berhasil memanfaatkan bola muntah dari sundulan pemain Madura. Gol spektakuler ini terjadi pada saat pertandingan masih berjalan satu menit.

 


Namun, menjelang turun minum Beto Goncalves berhasil menyamakan kedudukan melalui titik putih pinalti setelah kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain MU Fadillah Akbar. Namun keputusan wasit dalam memberikan pinalti ini sangt kontroversial. karena jelas terlihat Ernando saat itu dalam keadaan menyapu bola yang mengawrh ke gawangnya. Kakinya-pun mengenai bola terlebih dahulu, dengan posisi pool sepatu tertutup. Harusnya hal ini bukanlah pelanggaran.

 

Kejadian Kontroversial wasit kedua terjadi pada saat Striker Persebaya Samsul Arief Munif dilanggar di Kotak Pinalti oleh Fahrudin tepat didepan mata wasit. Dalam tayangan ulang sangat jelas terlihat Samsul Arif berhasil meng-keeping bola berusaha melewati penjagaan dari pemain belakan MU. Namun kaki dari pemain MU tersebut malah menggaet kaki Samsul saat bola sudah lepas. Anehnya wasit yang hanya berjarak kurang dari 2 meter tersebut mala nehnganggap Samsul melakukan Diving.

 

Keputusan kontroversial wasit ketiga adalah saat Ricky Kambuaya dilanggar di kotak pinalti olrh kiper Madura United Hong Jungnam. Saat itu Ricky melakukan solo run untuk mengejar bola yang mengarah ke gawang MU. Untuk mengantisipasi bola, kiper asing MU tersebut lalu melakukan takling. Sayangnya takling tersebut tidak mengenai bola dan mengenai kaki dari Ricku, sehingga pemain Persebaya tersebut tersungkur. Meski demikian, lagi-lagi wasit tidak memberikan Pinalti kepada Persebaya Surabaya.

 

Tindakan kontroversial wasit yang memimpn Derby Suromadu ini lantas menimbulkan banyak pertanyaan dari berbagai pihak. Bahkan pihak komentator juga sampai berkomentar "aneh" terhadap tiga keputusan kontroversial yang dilakukan oleh wasit tersebut. 

 

Berikut Profil dari wasit yang memimpin derby Suromadu malam tadi :


Nama : Agus Fauzan Arifin

Lisensi : PSSI (Pernah terdaftar sebagai wasit FIFA tahun 2017-2018)

Prestasi : Wasit Terbaik Piala Menpora 2021

Pekerjaan : TNI Aktif di Angkatan Udara Yogyakarta (Pangkat Sersan Dua)      


Tentunya semua berharap agar kejadian tadi malam tidak terulang lagi. Karena pertandingan tinggal beberapa kali saja. Sedangkan saat ini ada lima tim yang memiliki potensi menjadi juara. Sebuah pertandingan yang fair play adalah dambaan bagi semua insan sepak bola. Kalah dan menang adalah hal yang biasa asalkan pertandingan dipimpin oleh wasit yang adil. (ikj_) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad