Polemik Wasit Agus Fauzan, Komite Wasit Akan Beri Tindakan, Walikota Surabaya Sampai Berkomentar Ini - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, March 2, 2022

Polemik Wasit Agus Fauzan, Komite Wasit Akan Beri Tindakan, Walikota Surabaya Sampai Berkomentar Ini

Polemik Wasit Agus Fauzan, Komite Wasit Akan Beri Tindakan, Walikota Surabaya Sampai Berkomentar Ini

 

Kabar Surabaya - Pertandingan seru yang mempertemukan klub sepakbola Persebaya Surabaya dan Madura United (MU) memang sudah terjadi dua hari yang lalu (28.02.2022). Hasil skornya adalah 2 - 1 untuk klub kebanggaan Bonek Mania. Namun sampai saat ini pertandingan yang bertajuk derby Suromadu tersebut masih menjadi pembicaraan semua pihak.

 


Pembicaraan ini bukan mengenai serunya permainan maupun para kehebatan pemainnya. Namun lebih kepada kinerja wasit dilapangan. Pada saat itu PSSI menunjuk salah satu wasit terbaiknya untuk memimpin laga yang diprediksikan akan berjalan panas. Wasit yang bernama Agus Fauzan ini merupakan wasit terbaik pada saat Piala Gubenur dan merupakan personil TNI aktif.

 

Ditunjuknya wasit terbaik tersebut, merupakan upaya PSSI untuk menjawab keluhan dari para klub dan suporter guna memperbaiki kinerja para pengadil di lapangan. Sayangnya penunjukan wasit Agus Fauzan ini seakan bertentangan dengan janji PSSI untuk memperbaiki kinerja wasit. Hal ini terlihat dari keputusan kontroversial yang dihasilkan oleh wasit.

 

Setidaknya ada tiga keputusan kontroversial yang dikeluarkan oleh wasit Agus Faizan. Kesalahan paling fatal adalah diteklingnya Striker Persebaya di Kotak Pinalti. Kejadian tersebut terjadi tepat didepan mata wasit dan hanya berjarak kurang dari 2 meter saja. Mirisnya ketiga keputusan wasit tersebut sangat merugikan Persebaya Surabaya.

 

Keputusan wasit yang sangat kontroversial ini rupanya juga membuat Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkomentar. Melalui akun instagram ericahyadi_ Walikota Surabaya ini mengupload vidio saat Samsul Arif ditakling oleh bek dari Madura United. Vidio tersebut diberi caption "Sampai Tersungkur". Dalam vidio tersebut sangat jelas wasit memberikan tanda dengan tangannya agar permainan tetap dilanjutkan tanpa ada hukuman untuk pelanggaran tersebut.

 

Selain mengupload vidio, Walikota Eri juga berkomentar :

Para pemain berlatih giat. Setiap hari. Udan-panas dilakoni.

Pelatih meracik strategi. Memeras otak. Menghabiskan waktu berjam-jam melihat rekaman pertandingan lawan.

Tim memasuki lapangan dengan jiwa sportivitas.

Tapi kalau pertandingan seperti ini, @manchesterunited mungkin juga akan frustrasi.

Semoga ke depan kualitas pertandingan meningkat, salah satunya didukung oleh kepemimpinan wasit yang lebih adil.

       

 Sementara itu Ketua Komite Wasit Ahmad Riyadh akan menyelidiki kesalahan yang dilakukan oleh wasit Agus Fauzan. Bisa jadi penyelidikan tersebut akan menghasilkan hukuman bagi wasit Agus. "Iya, soalnya itu kelihatan dengan mata, nanti akan ada tindakan, kami masih menyelidiki lebih lanjud," terang Ahmad. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad