Masyarakat Akan Segera Mendapatkan Vaksin Booster (Dosis ke 3) Setelah Kondisi Ini Tercapai - Kabar Surabaya

Breaking

Friday, September 3, 2021

Masyarakat Akan Segera Mendapatkan Vaksin Booster (Dosis ke 3) Setelah Kondisi Ini Tercapai

Masyarakat Akan Segera Mendapatkan Vaksin Booster (Dosis ke 3) Setelah Kondisi Ini Tercapai


Kabar Surabaya - Sampai detik ini seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia sedang berupaya keras untuk melaksanakan percepatan Vaksinasi Covid-19. Hal ini mutlak diperlukan agar Indonesi bisa segera terbebas sepenuhnya dari paparan Virus Corona yang sudah mewabah sejak dua tahun yang silam. Tentunya semua masyarakat sangat berharap agar bisa kembali beraktifitas secara normal.

 


Vaksinasi ini menyasar ke semua lapisan masyarakat, dan berlaku bagi mereka yang telah berusia 12 tahun keatas. Namun sayangnya ritme perepatan vaksinasi ini tidak sama antara satu daerah dengan daerah yang lain. bahkan kesannya sangat jomplang. Dimasa beberapa kota sudah melakukan vaksinasi terhadap 70% warganya, namun ada juga daerah yang sampai saat ini masih belum menyelesaikan vaksinasi bagi para lansia. 

 

Pemerataan vaksinasi untuk seluruh Indonesia ini wajib dilakukan, agar tidak terjadi saling penularan virus antar daerah. Karena daerah yang telah berhasil menciptakan Herd Imuity, bisa saja tertular lagi oleh daerah lain yang penyuntikan vaksinnya masih rendah. 

 

Menurut pemaparan dari Dokter Ari Baskoro, selaku Konsultan Bidang Imunologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR), bahwa mereka yang telah tervaksin dosis lengkap, bisa saja tertular lagi oleh Virus Covid-19 dari orang lain. Hal ini dikarenakan daya kerja Antibodi  akan maksimal pada 28 hari setelah dosis kedua di suntikkan. Setelah itu, secara perlahan daya kerjanya akan mulai menurun dalam jangka waktu 6 bulan hingga mencapai titik terendah.

 

Pada titik tersebut, masyarakat bisa mendapatkan vaksin dosis ke 3. Vaksin ini diberi nama vaksin booster dan sudah diberikan kepada para tenaga medis yang memang sangat beresiko tinggi terkena paparan Virus Covid-19.

 

Vaksin booster ini bisa diberikan kepada masyarakat bila pencapaian vaksin di seluruh Indonesia ini telah tercapai. Setelah pemerataan vaksinasi dilakukan dan kondisi Herd Imunity telah tercpta, maka vaksin Boster ini bisa segera disuntikkan. Herd Imunity ini bisa tercapai apabila 85% masyarakat telah tervaksin dengan lengkap.

 

Mengenai jenis vaksin Booster yang akan disuntikkan, nantinya bis jadi tidak akan sama dengan vaksin yang telah diterima saat dosis pertama dan kedua sebelumnya. Bahkan menurut penelitian, banyak kasus di luar negeri yang kekuatan imunnya malah lebih baik bila dilakukan penyuntikan dengan jenis vaksin yang berbeda. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad