Catat !!!, Pemutihan Pajak Jatim 2021 Berhadiah Tabungan Umroh, Rp 30 Juta - Kabar Surabaya

Breaking

Thursday, September 9, 2021

Catat !!!, Pemutihan Pajak Jatim 2021 Berhadiah Tabungan Umroh, Rp 30 Juta

Catat !!!, Pemutihan Pajak Jatim 2021 Berhadiah Tabungan Umroh, Rp 30 Juta


Kabar Surabaya - Pada tanggal 12 Septembar 2021 mendatang, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggelar Hari Jadinya yang ke 76. Untuk memperingati ulang tahunnya kali ini, Pemprov Jatim kembali menggulirkan program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2021. Selain pembebasan denda, nantinya juga ada insentif khusus berupa diskon pajak kendaraan bermotor juga.

 


Program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini sejatinya bukanlah program tetap. Namun sejak era Gubenur Soekarwo, program yang sangat populis ini selalu dilaksanakan hingga di era Gubenur Khofifah Indar Parawansa. Meskipun demikian, program ini selalu dinantikan oleh warga Jatim setiap tahunnya. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, maka program bebas denda dan diskon pajak ini pasti akan sangat berarti bagi masyarakat luas.

 

Program pemutihan pajak dan diskon kendaraan bermotor ini mulai digulirkan pada tanggal 9 September 2021 hingga tanggal 9 Desember mendatang. Program ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat yang memiliki kendaraan, baik roda dua, tiga dan empat. Bagi mereka yang masa pembayaran pajaknya masih diatas tanggal 9 Desember, juga bisa ikut dalam program ini. Artinya mereka harus membayar pajak pada periode tersebut.

 

Mengenai besaran diskon pajak, untuk kendaraan roda dua dan tiga akan mendapatkan potongan sebesar 20%, sedangkan untuk roda empat akan mendapatkan discount pajak sebesar 10%. Program ini berlaku baik bagi kendaraan yang memiliki nopol hitam maupun kuning. Namun tidak berlaku untuk kendaraan dengan nopol merah.

 

Tidak dipungkiri, bahwa karena keadaan ekonomi yang seperti ini, banyak membuat masyarakat yang menunda untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Jawa Timur, Abimanyu Poncoatmodjo Iswinarno, bahwa hingga saat ini penundaan pembayaran kendaraan roda 2 tercatat ada 1.421.581 objek pajak dengan potensi pajak sebesarRp 253,57 miliar. Sedangkan untuk roda 4 ada 206.372 objek pajak dengan potensi pajak PKB sebesar Rp 400,79 miliar.

 

Dengan adanya Program Pembebasan Denda dan Diskon Pajak Kendaraan Bermotor ini harapannya banyak masyarakan yang nantinya akan melunasi semua pajak yang telah ditundanya. Dengan demikian target pajak pada tahin 2021 ini akan segera tercapai. Apalagi nanti juga akan ada undian tabungan umroh senilai Rp 30juta rupiah bagi 15 orang wajib pajak yang beruntung.

 

Untuk lebih memudahkan masyarakat, Pemprov Jatim juga telah bekerjasama dengan beragam pihak ketiga dalam hal melakukan pembayaran secara online. Nantinya masyarakat bisa memanfaatkan pembayaran pajak secara digital. Baik melalui Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Bank Jatim,  Linkaja atau channel lainnya. Tidak perlu lagi datang dan antri ke Samsat, karena dengan membayar secara digital wajib pajak bisa mengantongi pengesahan pajak berbasis QR-Code. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad