Bebas Zona Merah, Kota Surabaya Pecahkan Rekor - Kabar Surabaya

Breaking

Wednesday, September 1, 2021

Bebas Zona Merah, Kota Surabaya Pecahkan Rekor

Bebas Zona Merah, Kota Surabaya Pecahkan Rekor


Kabar Surabaya - Pada hari Senin (30/08/2021) kemarin Pemerintah Pusat melalui Menteri Kemaritiman dan Investsi, Luhut Binsar Pandjaitam telah mengumumkan bahwa penerapan PPKM masih akan diperpanjang lagi hingga tanggal 6 September 2021. Namun dalam vidio youtubnya, beliau menyampaikan bahwa beberapa daerah telah mengalami turun level PPKM ke dalam Zona yang lebih rendah.

 


Penurunan level di sejumlah daerah ini menunjukkan jika penanganan Pandemi Virus Covid-19 dikawasan tersebut sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya angka kematian, dan rendahnya Bed Occupancy Rate (BOR) serta naiknya angka kesembuhan. Bisa dikatakan juga bahwa secara nasional kasus Covid-19 di tanah air ini sudah mulai terkendali dengan baik,

 

Penurunan leval PPKM ini rupanya seiring sejalan dengan perbaikan pada Peta Zona Resiko di berbagai daerah. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa kode warna pada Zona Resiko ini memiliki 4 kategori warna, yaitu Merah untuk resiko penularan tinggi, Orange untuk resiko penularan sedang, Kuning untuk resiko penularan rendah dan Hijau untuk resiko penularan nol alias tidak ada kasus sama sekali.

 

Jika pada minggu lalu di Provinsi Jawa Timur masih menyisakan empat Zona Merah, pada saat ini, ke 4 Zona Merah tersebut sudah tidak ada lagi. Dengan kata lain Provinsi Jatim telah sepenuhnya terbebas dari Zona Merah. Bahkan untuk keseluruhan Pulau Jawa, hanya menyisakan satu Zona Merah saja, yaitu Kulon Progo Yogjakarta.      


Pencapaian maksimal juga telah terjadi di Kota Surabaya. Saat ini kondisi dari Kota Pahlawan sendiri telah berhasil masuk ke dalam Zona Kuning yang artinya penulaan resikonya rendah. Kondisi ini merupakan kondisi terbaik semenjak pandemi Virus Covid-19 mulai masuk ke Indonesia.


Meski demikian, Pemerintah Kota Surabaya tetap berusaha untuk melakukan penanganan Pandemi Covid-19 secara maksimal. Kegiatan Tracing dan vaksinasi massal masih tetap dilakukan hingga saat ini. Apalagi mulai senin depan Kota Surabaya akan memulai pembelajaran secara tatap muka, sehingga protokol kesehatan masih harus di patuhi dengan ketat dan disiplin.


Berikut Peta Resio yang ada di Kabpaten/Kota di Provinsi Jawa Timur secara lengkap :

Daerah dengan Zona Oange meliputi : Madiun. Kota Probolinggo. Ponorogo. Tulungagung. Magetan. Gresik. Kota Kediri. Kota Malang. Pacitan. Kediri. Lumajang. Kota Blitar. Kota Mojokerto. Kota Madiun. Kota Batu. Nganjuk. Trenggalek. Blitar. Malang dan Jember.


Sedangkan daerah yang masuk dalam Zona kuning Adalah : Bondowoso, Jombang, Sampang, Pamekasan, Banyuwangi, Pasuruan, Ngawi, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Situbondo, Probolinggo, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Kota Surabaya, Sidoarjo dan Kota Pasuruan. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad