Kasus Covid-19 Semakin Melandai, 15 Daerah Jatim Ini Langsung Berstatus Zona Orange, Bagaimana Dengan Surabaya..? - Kabar Surabaya

Breaking

Thursday, August 12, 2021

Kasus Covid-19 Semakin Melandai, 15 Daerah Jatim Ini Langsung Berstatus Zona Orange, Bagaimana Dengan Surabaya..?

Kasus Covid-19 Semakin Melandai, 15 Daerah Jatim Ini Langsung Berstatus Zona Orange, Bagaimana Dengan Surabaya..?


Kabar Surabaya - Pemerintah akhirnya mengeluarkan keputusan untuk memperpanjang PPKM Leval 4 di Indonesia hingga tanggal 16 Agustus mendatang. Dalam paparannya kemarin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investsi, Luhut Binsar Panjaitan mengemukakan terdapat 26 daerah di Jawa dan Bali yang turun level menjadi level 3. Hal ini membuktikan bahwa penanganan pandemi Covid diwilayah tersebut berjalan cukup baik.

 


Jika dilihat kondisinya pada saat ini, maka situasinya terlihat tidak sebegitu mencekam seperti pada Bulan Juni dan Juli. Dimana pada saat itu hampir semua fasilitas kesehatan di Provinsi Jawa Timur seakan tumbang dan kolaps karena banyaknya masyarakat yang terpapar oleh Virus Corona ini. Bahkan, para tenaga medis yang telah mendapatkan vaksin lengkap dua dosis juga banyak yang terpapar dan akhirnya beberapa diantaranya meninggal dunia.

 

Tidak mau larut dalam kondisi yng gawat, Kota Surabaya langsung bergerak dengan cepat. Dua rumah sakit darurat langsung dibangun, yaitu di Lapangan Tembak dan di kawsan Stadion Gelora Bung Tomo. Selain itu di setiap Kelurahan, dibangun sentra Rumah Sehat yang digunakan sebagai kawasan Isolasi Terpusat bagi warga yang terpapar Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

 

Selain itu kegiatan vaksinasi juga terus digencarkan. Hingga saat ini Kota Surabaya sudah memvaksin sekitar 70% dari warganya untuk dosis yang pertama. Pada bulan ini rencananya dosis yang kedua juga akan digencarkan. Targetnya pada Bulan September mendatang Kota Pahlawan ini bisa mencapai Herd Imunity-nya..       


Apa yang sudah dilakukan oleh Kota Surabaya ini rupanya membuahkan hasil yang cukup signifikan. Hal ini terlihat dari angka kesembuhan pasien yang cukup tinggi. Selain itu, beberapa rumah sakit juga menunjukkan tingkat penurunan pasien. Hal ini membuat BOR Rumah Sakit turun menjadi sekitar 60%-an.

 

Pada peta resiko milik pemerintah pusat dilaman (https://covid19.go.id/peta-risiko) warna Zona Resiko dari Kota Surabaya saat ini adalah Orange (resiko penulaan sedang). Kondisi ini rupanya juga diikuti oleh 14 daerah lainnya di Provinsi Jawa Timur ini.

 

Keseluruhan daerah di Jawa Timur yang masuk ke dalam Zona Orange adalah seperti Bondowoso, Sampang, Pasuruan, Mojokerto, Tuban, Lamongan,  Kota Blitar, Kota Mojokerto, Situbondo, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Kota Surabaya, Trenggalek dan Kota Pasuruan.

 

Sedangkan daerah yang masih berkutat dalam Zona Merah adalah  Jombang, Madiun, Pamekasan, Kota Probolinggo, Ponorogo, Tulungagung, Banyuwangi, Magetan, Ngawi, Gresik, Kota Kediri, Kota Malang, Pacitan, Kediri, Lumajang, Kota Madiun, Kota Batu, Probolinggo, Nganjuk, Blitar, Malang, Jember dan Sidoarjo (yju)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad