Buyuk Indah : Kampung Gang Buntu Penuh Magic Di Perbatasan Surabaya Gresik - Kabar Surabaya

Terbaru

Saturday, July 3, 2021

Buyuk Indah : Kampung Gang Buntu Penuh Magic Di Perbatasan Surabaya Gresik

Buyuk Indah : Kampung Gang Buntu Penuh Magic Di Perbatasan Surabaya Gresik


Kabar Surabaya - Kota Surabaya adalah kota terbesar dan tersibuk setelah Jakarta. Pembangunan di Kota Pahlawan ini terbilang sudah cukup merata hingga ke kawasan pelosok kota. Saat ini kawasan pelosok atau kampung-kampung di Surabaya sudah mulai berbenah dan menonjolkan kearifan lokalnya masing-masing.

 


Sebut saja Kampung Peneleh yang merupakan Kampungnya Presiden Soekarno, atau Kampung Lawas Maspati yang menonjolkan bangunan heritagenya. Kedua kampung tersebut saat ini sudah menjadi jujukan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi setiap harinya. Hal ini tentu saja bisa memberikan dampak ekonomi yang positif bagi warga yang tinggal didalamnya.


Pada tahun ini, Kota Surabaya juga telah memoles satu kampung yang ada diperbatasan Surabaya - Gresik. Kampung ini berada di kawasan Kecamatan Asemrowo, Kelurahan Tambak Sarioso, Kota Surabaya. Salah satu spot yang menarik untuk dikunjungi adalah Gang Buyuk Indah yang berada tepat di sisi laut.

 

Dari arah tengah Kota Surabaya Kampung Gang Buyuk Indah ini berada disisi kanan jalan. Tepat berada sebelum jembatan yang berda diatas muara. Apabila dilihat dari atas jembatan tersebut, maka akan terlihat deretan rumah panggung yang dicat warna-warni. Namun keindahan dari guratan cat  warna-warni ini akan lebih mempessona lagi bila kita bisa melihatnya dari dalam kampung Buyuk Indah.

 

Kampung Buyuk Indah ini termasuk kampung yang cukup kecil. Kecil dalam arti yang sebenarnya. Lebar jalannya saja tidak lebih dari tiga meter dan deretan rumahnya hanya satu sisi saja, karena didepannya adalah tembok pembatas yang terbuat dari beton. 


Saking sempitnya jalan didepan rumah penduduk, terkadang sinar matahari tidak sampai masuk ke dalam kampung. Namun hal ini menjadikan kampung tersebut terasa nyaman, mengingat pancaran sinar matahari di tepi laut pastilah sangat terik dan panas sekali.


Kondisi ini seperti yang juga dialami oleh Tim Kabar Surabaya saat berkunjung ke Kampung Buyuk Tambak Sarioso Surabaya. Saat memasuki kampung Buyuk Indah ini, kesan warna warni sudah sangat tampak. Semua dinding rumah dan pagar pembatas beton yang ada didepannya tidak luput dari sapuan warna. Beberapa tokoh animasi seperti doraemon atau gambar ikan nemo tergambar jelas ditembok tersebut.

 

Selain cat warna-warni diatas gang tersebut juga dipasang pernik-pernik seperti payung kecil dan hiasan lain yang cukup unik dan menarik intuk dilihat. Jalanan kampung yang terbuat dari paving juga dicat warna-warni juga, Deretan rumah penduduk juga demikian, warna-warni cat juga menghiasi dinding rumah mereka.  

 

Saat itu kami mencoba berjalan menyusuri gang kecil tersebut dengan sekaligus merekamnya. Sebenarnya terbersit rasa takut bila warga merasa risih karena kami merekam aktifitas mereka. Namun magicnya, mereka ternyata sangat ramah. Saat disapa mereka menjawab dengan senyum yang tulus. 

 

Bahkan kami diperbolehkan melintas  ditengah-tengah sosialisasi COVID-19, karena memang tidak ada jalan lain lagi. Kurang lebih 10 menit kami berjalan menyusuri gang yang semarak tersebut lansung mentok ke arah laut. Terdapat dermaga kecil sebagai ujung dari Gang Buyuk Indah ini yang dilindungi oleh pohon bakau berukuran besar.

 

Uniknya kampung ini masih sering terkena banjir akibat laut pasang atau yang disebut banjir Rob. Seperti yang sempat kami temui juga. Banjir Rob ini bahkan merendam lantai rumah warga yang didirikan diatas laut. Namun hal tersebut masih tetap membuat mereka ramah untuk menyapa kami. 

 

Jadi, jika anda ada waktu, tidak ada salahnya berkunjung di gang Buyuk Indah ini. Selain menikmati lingkungan yang asri warna-warni, anda juga bisa merasakan keramahan warganya yang selalu menyapa dengan senyuman tulusnya. (yyan)     


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad