Misteri Patung Reog Ponorogo Di Pintu Barat Surabaya Plaza - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, March 2, 2021

Misteri Patung Reog Ponorogo Di Pintu Barat Surabaya Plaza


Misteri Patung Reog Ponorogo Di Pintu Barat Surabaya Plaza

 

Kabar Surabaya - Kota Surabaya sangat terkenal dengan keberadaan bangunan Pusat Perbelanjaannya (Mall). Bangunan Mall di Kota Surabaya sudah tersebar merata mulai dari Barat, Timur, Utara maupun ke Selatan. Maka tidak heran kalau Kota Surabaya ini sangat terkenal dengan konsep Wisata Belanjanya. Bangunan Mall di Kota Pahlawan ini ada yang baru,ada yang terbesar dan ada yang paling bersejarah.

 

Salah satu bangunan Mall yang paling bersejarah di Kota Surabaya adalah Surabaya Plaza yang dulunya dikenal dengan sebutan Delta Plaza. Mall ini berlokasi di Jalan Pemuda tepat ditepian Sungai Kalimas Kota Surabaya. Pada saat diresmikan pada tahun 1987 oleh Presiden Soeharto, Mall ini diklaim sebagai mall terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. 

 


Mungkin banyak orang paham kalau Surabaya Plaza ini adalah bekas Rumah Sakit. Rumah sakit yang bernama RS.Simpang ini adalah RS yang khusus merawat pejuang pada tahun 1945. Sebab rumah sakit lainnya banyak yang merawat orang Belanda. Pada tahun 1970-an RS.Simpang ini dilebur ke RS.dr.Soetomo hingga saat ini 


Pada tahun 1979 bekas RS.Simpang ini dibeli oleh PT.Surabaya Delta Plaza. Lahan seluas 75 hektar ini akhirnya mulai dibangun pada tahun 1984 dan selesai dibangun seluruhnya pada tahun 1988. Namun sejak diresmikan pada tahun 1988 Delta Plaza ini terbilang cukup sepi. Tidak banyak warga Kota Surabaya yang datang ke Mall ini.

 

Sepinya pengunjung Delta Plaza ini ditengarai karena adanya rumor banyaknya penampakan di dalam Mall tersebut. Salah satu mitos yang paling santer adalah keberadaan Suster Gepeng yang meninggal dunia akibat terjepit oleh pintu lift. Hingga akhirnya Mall ini jauh ke tangan Salim Grup dan resmi berhanti nama menjadi Surabaya Plaza.

 

Konon kabarnya, pengelola yang baru sempat meminta bantuan dari "orang pintar" dari daerah Ponorogo untuk membersihkan Mall tersebut dari gangguan-ganggun yang tidak kasat mata. Upaya tersebut akhirnya berhasil dan sebagai rasa terimakasih, pengelola akhirnya membangun patung REOG Ponorogo di pintu masuk Mall sebelah barat.

 

Saat ini kondisi Surabaya Plaza ini sudah sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat. Tidak ada lagi kesan horor nan menyeramkan yang menyelimuti Mall setinggi 5 lantai ini. Kalau dulu Mall ini di klaim sebagi Mall terbesar se-sia Tenggara, mingkin saat ini kondisinya sangat bertolak belakang. Hal ini dikarenakan sudah banyak bangunan Mall yang lebih besar dan lebih luas daripada Surabaya Plaza.

 

Meski demikian, Surabaya Plaza tetap merupakan mall paling bersejarah di Kota Surabaya ini. Jadi, tunggu apalagi, ayo datang dan berbelanja di "Hanya Di Plaza Surabaya". (yyan)       


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad