Waspada..!!! 7 Daerah Ini Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrim Hingga Banjir Bandang Dalam 3 Hari Kedepan - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, February 25, 2021

Waspada..!!! 7 Daerah Ini Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrim Hingga Banjir Bandang Dalam 3 Hari Kedepan


Waspada..!!!  7 Daerah Ini Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem Hingga Banjir Bandang Dalam 3 Hari Kedepan


Kabar Surabaya - Pada bulan Februari ini Indonesia masih memasuki musim penghujan. Musim hujan ini memang diprediksi akan menuju puncaknya pada akhir Februari hingga Maret mendatang. Hal ini  tentunya memberikan warning tersendiri bagi banyak daerah untuk mempersiapkan kawasannya bisa mengantisipasi bencana yang mungkin akan terjadi.

 

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada hari Rabu (24/02/2021) kemarin. Badan yang bergerak dibidang anomali cuaca ini mendeteksi adanya Pusat Tekanan Rendah di kawasan perairan sebelah selatan dari Nusa Tenggara yang bisa memicu terjadinya Bibit Siklon Tropis. 



Bibit Siklon Tropis dengan inisial 98S itu terlihat terbentuk di Samudera Hindia sisi selatan Jawa Timur. Posisinya berada disekitar 13.7 derajat LS – 116.3 derajat BT atau sekitar 625 km dari lepas pantai Jawa Timur.

 

Munculnya bibit siklon tersebut, akan berdampak pada pembentukan pola konvergensi dan belokan angin yng ada di wilayah Sumatera Selatan – Jawa – Nusa Tenggara. Hal inilah yang membuat sejumlah daerah akan berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

 

Cuaca ekstrim ini nantinya bisa berupa hujan lebat yang disertai kilat/petir. Bahkan beberapa kasus akan menimbulkan efek angin kencang. Angin kencang yang terjadi ini bisa menciptakan gelombang tinggi di wilayah laut bagian selatan Jawa hingga Nusa Tenggara. 

 

Kondisi inilah yang bisa memicu terjadinya banjir ataupun banjir bandang di Provinsi Jawa Timur. BMKG memprediksi 7 daerah yang akan mengalami Banjir Bandang ini adalah : Malang, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Jember, dan Situbondo. Kondisi ini kemungkinan akan terjadi dalam 3 hari kedepan. (yyan)  


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad