Jalan Panggung, Lokasi Eksentrik Sekaligus Bersejarah, Cocok Untuk Hunting Foto Saat Weekend - Kabar Surabaya

Breaking

Wednesday, February 24, 2021

Jalan Panggung, Lokasi Eksentrik Sekaligus Bersejarah, Cocok Untuk Hunting Foto Saat Weekend


Jalan Panggung, Lokasi Eksentrik Sekaligus Bersejarah, Cocok Untuk Hunting Foto Saat Weekend


Kabar Surabaya - Kota Surabaya adalah sebuah kota yang usianya hampir satu abad. Dengan usia yang sudah cukup "berumur", tentunya kota ini memiliki banyak sekali peninggalan sejarah dari masa lalu. Bekas-bekas tapak sejarah ini banyak ditemukan di seantero sudut kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini. Uniknya jejak sejarah ini masih banyak yang terawat dengan rapi, meskipun sudah banyak pula yang sudah hilang tak berbekas.

 

Salah satu jejak sejarah yang masih berdiri dan eksis hingga saat ini bisa terlihat dari keelokan Jalan Panggung yang ada di kawasan Surabaya sebelah Utara. Kawasan Surabaya utara ini dulunya memang menjadi pusat perdagangan bagi Kota Surabaya. Hal ini dikarenakan letaknya yang berdekatan dengan Sungai Kalimas, dimana kapal-kapal yang membawa beragam komoditi dari luar daerah bersandar dikawasan ini. Meski akhirnya oleh Belanda, pelabuhan tersebut akhirnya dipindahkan ke kawasan Tanjung Perak Surabaya.         



Meskipun pelabuhan sudah dipindahkan, namun kawasan Surabaya Utara ini sudah berkembang cukup pesat. Maka tidak heran banyak sekali bangunan-bangunan lawas era kolonial yang berdiri dikawasan Utara tersebut. Selain indahnya bangunan gedung Belanda, bagunan rumah rakyat yang berada di dalam kampung-kampung kawasan tersebut juga menarik untuk dikunjungi.

 

Salah satu kawasan kampung yang menarik untuk dikunjungai adalah kampung yang berada di Jalan Panggung Surabaya. Kampung di Jalan Panggung ini awalnya banyak dihuni oleh warga Melayu. Pada waktu itu Pemerintah Belanda memang memisahkan kediaman masyarakat menjadi 4 bagian, yaitu Kampung Melayu, Kampung Arab, Kampung India dan Kampung Pecinan.

 

Semenjak mendapatkan sentuhan manis dari Pemerintah Kota Surabaya, Jalan Panggung ini terlihat sangat cantik dan Instagramable apabila di abadikan dengan kamera. Jalannya yang berpaving hias, ditambah dengan tiang lampu yang eksotis dan bangunan yang disulap menjadi warna-warni akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Tidak heran apabila banyak sekali masyarakat yang datang ke Jalan panggung ini untuk sekedar berfoto ria.

 

Di Jalam Panggung ini ,banyak sekali pertokoan dan rumah penduduk yang masih mempertahankan sisi originalitasnya. Dijalan ini pengunjung juga bisa mengunjungi Pasar Paben yang merupakan pasar ikan dan bumbu dapur terbesar di Kota Surabaya. Selain itu ada juga Masjid khas India yang bernama Masjid Serang.

 

Untuk menuju ke Jalan Panggung ini, bisa melalui Jalan Rajawali, kemudian melewati Jembatan Merah. Sebelum gapura kya-kya, terdapat jalan masuk ke arah kanan. Itulah yang disebut Jalan Panggung. Ingat, jalan panggung ini satu arah saja, jadi anda bisa memarkirkan kendaraan di bawah gerbang Kya-kya atau memutar lewat belakang.

 

Saran admin, datang saja pada hari Minggu, karena toko-toko yang di jalan tersebut sudah dalam keadaan tutup. Sehingga bisa paus berfoto ria dengan latar belakang toko-toko lawas yang warna-warni tersebut. Jika anda berkunjung sing hari jangan lupa untuk membawa topi, karena udaranya cukup terik.

 


Jika ingin santai dan tidak menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bis naik Bis Suroboyo jurusan Terminal Purabaya - Rajawali dan turun di JMP Mall. Bilang saja kepada kondekturnya kalau mau ke Jalan Panggung, nanti pasti akan diturunkan ke halte terdekat. (yyan)       

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad