Kenali Aplikasi Setan Penyedot Uang Dengan Instan - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, December 13, 2022

Kenali Aplikasi Setan Penyedot Uang Dengan Instan

Kenali Aplikasi Setan Penyedot Uang Dengan Cepat


Kabar Surabaya - Semakin canggih suatu teknologi, maka semakin canggih pula tidak kriminalitasnya. Saking canggihnya,  saat ini, tindakan pencurian uang tidak perlu dilakukan secara lamngsung. Para penjahat ini bisa mengambil uang nasabah bank hanya dengan menggunakan handphone yang mereka miliki. Sekali beraksi, uang puluhan juta milik nasabah bisa langsung berpindah rekening.

 


Para penjahat ini mengincar korban yang menyimpan uang dibank dan memiliki rekening berupa Internet Banking atau Mobile Banking. Dalam prakteknya, para penjahat ini mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp korban dengan menyaru sebagai nomor kuriri milik perusahaan jasa ekspedisi. Format WA-nya pada umumnya seperti ini

Selamat Siang Kak

Benar Dengan Rudi

Ada Paket atas nama Rudi

Kemudian, pesan WA ini diakhiri dengan tulisan "Lihat Foto Paket"

Tulisan "Lihat Foto Paket" inilah yang akan memancing korban, yaitu masyarakat awak untuk meng-kliknya. Padahal format dari tulisan itu bukanlah GAMBAR (format JPG) melainkan formt suatu APLIKASI (APK). 


Bagi mereka yang paham, dipastikan tidak akan melakukan klik pada format tersebut. Namun banyak masyarakat tidak paham atau masih awam mengenai hal tersebut. Karena PENASARAN, mereka akhirnya melakukan KLIK pada tulisan tersebut. Setelah diKLIK, aplikasi tersebut akan meminta izin untuk memngakses gambar, kamera, percakapan WA, SMS dan semuanya. Bahkan penjahat ini bisa mengirimkan pesan ke nomor kontak lain, atas nama korban.


Jika dana korban sudah tercuri, apakah bisa lapor ke Bank yang berangkutan..?. Dari siaran Youtube Mr.Bert hal tersebut PERCUMA saja. Hal ini dikarenakan Bank akan beralasan bahwa nasabah telah menyerahkan pasword dan OTP ke orang lain. Padahal kondisi tersebut dikarenakan adanya proses Phising atau kejahatan internet. 


Oleh karena itu, bagi anda yang paham adanya kejahatan jenis ini. Segera kasih paham ke saudara, teman, keluarga maupun rekan kerja anda. Karena maraknya pengiriman paket, bisa jadi banyak yang seneng saat menerima kiriman. Padahal itu adalah kiriman dari Aplikasi SETAN yang bisa menggasak dana anda di BANK sampai LUDES. (yyan)


Bagi yang tidak paham, pasti akan meng-KLIK OK dan NEXT sampai beberapa kali. Tindakan tersebut akhirnya akan membuat HP korban bisa dikendalikan dari jarak jauh oleh PENJAHAT. Hingga akhirnya penjahat tersebut bisa melihat foto,vidio, percakapan WA, bahkan bisa melihat korban secara "live" melalui vidio HP korban tanpa korban mengetahuinya. 



Parahnya, apabila korban membuka rekening melalui M-Banking atau Internet Banking, otomatis penjahat tersebut bisa juga masuk tanpa dia harus memnggunakan pasword maupun kode OTP. Dengan sekejab saja, penjahat tersebut bisa memindahkan uang korban ke rekening miliknya. Ketika korban mengetahui notifikasinya, dana sudah terlanjur habis.


Bagaimana jika koban melapor ke BANK..?. Dari siaran youtube Mr.Brent, hal tersebut percuma dilakukan. Karena pihak Bank akan membaca, kalau nasabah sendiri yang menyerahkan pasword dan kode OTP ke orang lain. Padahal hal tersebut adalah kejahatan Internet berupa phising. 


Oleh karena itu mulai saat ini haruslah berhati-hati apabila menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal. Apalagi dengan mengirimkan gambar, LINK atau instalan aplikasi. Jangan pernah sekali-kali untuk di klik. Kalau memang mencurigakan, langsung DELETE saja. 


BAGI ANDA yang paham akan hal tersebut diatas, segera informasikan kepada semua orang, termasuk kepada keluarga terdekat. Karena korban dari penipuan APLIKASI SETAN ini sudah banyak dan akan terus bertambah banyak apabila kurang edukasi. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad