5 Fakta Beli LPG 3KG Juga Harus Pakai MyPertamina - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, June 30, 2022

5 Fakta Beli LPG 3KG Juga Harus Pakai MyPertamina

5 Fakta Beli LPG 3KG Juga Harus Pakai MyPertamina


Kabar Surabaya - Sebagaimana diketahui bersama bahwasannya Pemerintah segera mengharuskan masyarakat yang ingin membeli BBM jenis Pertalite dan Solar untuk mendaftarkan nomor polisi kendaraannya. Pendaftaran ini bisa dilakukan melalui Aplikasi MyPertamina atau melalui website dengan link https://subsiditepat.mypertamina.id/. 



Pemerintah beralasan bahwa pendaftaran tersebut akan bisa membuat susbsidi yang melekat pada BBM jenis Pertalite dan Solar akan tepat sasaran. Karena selama ini penyaluran subsidi untuk BBM memang dirasakan kurang tepat sasaran. Dengan adanya pendaftaran ini maka subsidi BBM akan tepat sasaran dan tidak akan membengkak.


Namun, selain pendaftaran untuk pembelian BBM, saat ini pemerintah juga sedang mewacanakan hal yang serupa untuk pembelian LPG. Berikut 5  fakta wacana pembelian LPG dengan menggunakan aplikasi MyPertamina

1. Tidak Semua Jenis LPG

 LPG yang pembeliannya diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu adalah LPG dengan bobot 3kg. LPG ini juga dikenal dengan sebutan LPG Melon atau LPG hijau. LPG ini harusnya memang ditujukan kepada masyarakat miskin. Hal ini ditandai dengan tulisan yang tercetak pada tabungnya, yaitu : KHUSUS UNTUK MASYARAKAT MISKIN


2. Sudah Uji Coba Tahap 6

Pihak Pertamina mengaku telah melakukan uji coba pembelian LPG dengan menggunakan MyPertamina secara diam-diam. Uji coba ini dilakukan terhadap 114ribu penduduk berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementrian Sosial. Saat ini uji coba tersebut sudah memasuki tahapan ke-enam.


3. Tidak Semua Toko Kelontong Punya LPG Di Atas 3kg

Meskipun nantinya akan dilaksanakan, Pertamina harus melakukan penyesuaian kebutuhan LPG untuk masyarakat. Karena tidak semua toko/warung/ agen penyalur yang mmiliki stok LPG di atas 3kg. Biasanya untuk toko kecil hanya menyediahan LPG 3kg saja.

4. Waktu Pemberlakuan

Pertamina sendiri sampai saat ini masih belum memberikan keterangan mengenai pastinya kebijakan pembelian LPG 3kg harus menggunakan aplikasi MyPertamina ini akan dilaksanakan. Namun pihak Pertamina memberikan kepastiannya kebijakan ini akan dilakukan, karena sudah melalui tahapan uji coba. Hanya waktunya saja yang belum ditentukan, bisa jadi menunggu keberhasilan dari pembalian BBM dengan pendaftaran di aplikasi yang sama.



5. Subsidi Tepat Sasaran

Kebijakan pembelian LPG 3kg dengan aolikasi MyPertamina ini diharapkan bisa membuat subsidi pemerintah terhadap energi akan tepat sasaran. Sebab saat ini masih ada rumah tangga menengah ke-atas yang mengkomsusmsi LPG 3kg. Selain harganya yang terjangkau, faktor praktis juga menjadi alasan mengapa LPG Melon ini masih menjadi primadona masyarakat. (yyan


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad