BMKG Rilis Data Lima Kota Terpanas Di Indonesia, Posisi Surabaya Mengejutkan - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, September 28, 2021

BMKG Rilis Data Lima Kota Terpanas Di Indonesia, Posisi Surabaya Mengejutkan

BMKG Rilis Data Lima Kota Terpanas Di Indonesia, Posisi Surabaya Mengejutkan


Kabar Surabaya - Saat ini sebagian Kabupaten/Kota di Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Namun hal ini tidak berarti suhu udara akan langsung menjadi lebih sejuk atau dingin. Bahkan ada beberapa daerah yang meskipun sudah mulai turun hujan, tetapi suhu udaranya malah makin meninggi. Hal ini dikarenakan daerah-daerah tersebut masih masuk ke dalam musim peralihan/pancaroba, jadi cuaca masih terasa panas. 



Baru-baru ini, pihak Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisikan telah merilis daftar lima kota yang pernah mencapai suhu tertinggi di Indonesia. Ke lima kota ini telah didata hingga akhir Agustus lalu, tepatnya pada tanggal 29 Agustus 2021. Berdasarkan data ini, Lima kota terpanas di Indonesia ini adalah :

 

1. Sikka, Nusa Tenggara Timur (Berdasarkan data dari Stasiun Meteorologi Fransiskus Xaverius Seda)
Sikka menjadi daerah dengan suhu terpanas mencapai 34,8 derajat celcius. Suhu panas ini tercatat pada tanggal 24 Agustus 2021.

2. Kupang, Nusa Tenggara Timur ( Berdasarkan data dari Stasiun Klimatologi Kupang)
Kota Kupang menjadi kota dengan suhu paling panas saat mencapai 35,0 derajat celcius. Suhu ini tercatat  pada 23 Agustus 2021.

3. Semarang, Jawa Tengah ( Data diambl dari Stasiun Maritim Tanjung Emas)
Kota Semarang menjadi daerah dengan suhu terpanas saat mencapai 35,4 derajat celcius. Suhu ini terpantau pada tanggal 17 Agustus 2021


4. Tiwatobi, Flores Timur (Berdasarkan data dari Stasiun Meteorologi Gewayantana)
Tiwatobi menjadi daerah dengan suhu terpanas yang mencapai 35,4 derajat celcius. Suhu ini tercatat pada 22 Agustus 2021 dan 35,6 derajat celcius pada 27 Agustus 2021.

5.Surabaya, Jawa Timur ( Diambil dari Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak)
Rangking satu dengan predikat Kota Terpanan Di Indonesia dipegang oleh Kota Surabaya. Kota Pahlawan ini menjadi kota dengan suhu tertinggi mencapai 36,0 derajat celcius pada 25 Agustus 2021. 

 

Memang dalam beberapa hari belakangan ini suhu di Kota Surabaya terasa sangat panas menyengat. Kondisi ini terasa saat waktu mulai menunjukkan pukul 10.00wib. Bahkan sengatan sinar matahari ini bisa sampai terasa menembus pakaian 


Berdasarkan pihak dari Meteorologi BMKG, fenomena suhu panas yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia tersebut merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh adanya gerak semu tahunan dari matahari. Gerak semu matahari ini bisa terjadi dikarenakan sumbu rotasi bumi yang miring terhadap matahari.


Akibatnya, jika diamati dari Bumi, maka Matahari tampak bergerak bergantian menuju ke belahan Bumi utara dan selatan. Sehingga potensi suhu udara panas yang seperti saat ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya ketika posisi Matahari berada di atas khatulistiwa. 


Untuk mengantisipasi suhu panas ini, masyarakat harus banyak minum air putih (cairan) agar bisa terhindar dari dehidrasi. Jika terpaksa beraktifitas diluar ruangan, pastikan memakai baju yang bisa melindungi tubuh dari sengatan matahari. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad