(Tips Jitu) Belum Dapat Bansos..?, Begini Caranya Agar Segera Mendapatkannya.. - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, August 30, 2021

(Tips Jitu) Belum Dapat Bansos..?, Begini Caranya Agar Segera Mendapatkannya..

(Tips Jitu) Belum Dapat Bansos..?, Begini Caranya Agar Segera Mendapatkannya..


Kabar Surabaya - Saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak sekali kegiatan perekonomian yang menjadi terpuruk. Hal ini tentunya membuat banyak masyarakat umum yang menjadi terdampak akibat kondisi tersebut. Para pedagang yang sepi pembeli, karyawan yang harus di PHK bahkan banyak perusahaan besar yang akhirnya gulung tikar.

 


Bagi masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 ini, pemerintah tidak tinggal diam. Beragam bantuan, baik dari Kementrian Sosial maupun pemerintah Kota/Kabupaten langsng disalurkan. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak terlampau kesulitan untuk memenuhi kehidupannya sehari-hari. Bantuan pemerintah ini sangat beragam, mulai dari Sembako hingga uang tunai.

 

Namun. diantara masyarakat yang terdampak ini, rupanya masih ada yang belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah. Kondisi ini sering terjadi didaerah, salah satunya juga terjadi di Kota Surabaya. Sebagaimana kemarin ditemukan ada salah satu warga sebatang kara yang tidak terjangkau bantuan apapun selama pandemi Corona ini. Baik dari Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Kota Surabaya.

 

Hal ini kemudian membuat Walikota Surabaya Eri Cahyadi langsung mengumpulkan Camat dan Lurah, guna memberikan pengarahan. Dalam pengarahan tersebut beliau menginstruksikan agar para Camat dan Lurah harus sering turun kebawah guna melihat kondisi warganya.

 

Selain itu Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kominfo juga telah memiliki aplikasi khusus bantuan Sosial. Aplikasi ini bisa diakses secara umum oleh semua warga Kota Surabaya. Jadi, dalam hal ini warga bisa melaporkn dirinya sendiri atau melaporkan orang lain yang diketahui belum mendapatkan batuan apapun baik dari Kementrian Sosial  maupun dari Pemkot Surabaya pada saat pandemi Covid-19 (BST, PKH, BNPT, BPUM, Sembako dan Beras PPKM).     

 

Aplikasi ini bisa diakses oleh warga melalui https://usulbansos.surabaya.go.id/. Pada laman ini warga bisa mendaftarkan dirinya atau orang lain dengan mengisikan nomor KTP dan data lain yang diperlukan seperti nomor hp dan data alamat lengkap, serta alasan mengapa warga yang dimaksud berhak mendapatkan bantuan.   


Nantinya data yang masuk ini akan terlapor secara langsung ke Kecamatan dan Kelurahan untuk segera dilakukan diverifikasi. Apabila hasil verifikasinya benar, bahwa warga tidak mendapatkan bantuan, maka akan langsung masuk ke MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah). Data tersebut nantinya akam masuk ke Kementrian Sosial untuk mendapatkan akses bantuan.

 


Sementara data tersebut masih berproses di Kementrian Sosial, Pemkot Surabaya akan memberikan bantuan terlebih dahulu kepada warga yang telah terverifikasi tersebut. Walikota Eri memaparkan bahwa aplikasi ini merupakan ikhtiyar Pemkot Surabaya untuk membantu warganya. Jadi beliau berharap agar warga bisa membantu Pemkot untuk melaporkan kalau ada tetangga, teman, maupun saudaranya yang tedampak pandemi Corona namun beluk mendapatkan bantuan sama sekali. (yyan)  


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad