Sistim Vaksin Dosis 2, Buat Warga Harus Antri Mulai Pukul 3 Pagi - Kabar Surabaya

Breaking

Saturday, August 7, 2021

Sistim Vaksin Dosis 2, Buat Warga Harus Antri Mulai Pukul 3 Pagi

Sistim Vaksin Dosis 2, Buat Warga Harus Antri Mulai Pukul 3 Pagi

 

Kabar Surabaya - Percepatan vaksinasi adalah syarat utama agar segera tercipta Herd Imunity di masyarakat. Hal ini sangat mutlak diperlukan guna memutus mata rantai penularan Virus Covid-19 di masyarakat. Syarat untuk membentuk Herd Imunity ini adalah jumlah warga yang sudah disuntik vaksin minimal harus 80% dari keseluruhan jumlah penduduk.

 


Pemerintah Kota Surabaya sendiri sudah berusaha untuk melakukan penyuntikan vaksin kepada warganya sejak beberapa bulan yang lalu. Selain itu Percepatan Vaksinasi juga telah dilakukan di berbagai lokasi umum dengan target ribuan warga. Mereka telah menda[atkan suntikan dosis pertama dari Vaksin Covid-19.


Setelah mendapatkan suntikan dosis pertama, saat ini ribuan warga tersebut sudah harus mendapatkan suntikan dosis kedua. Hal ini sesuai dengan aturan yang ada, bahwa suntikan kedua vaksin (sinovac) ini akan diberikan dalam jangka waktu satu bulan setelah suntukan yang pertama. Sedangkan untuk vaksin Astra Zanika, jangka waktunya bisa tiga bulan setelah vaksin pertama.


Rupanya, banyak juga masyarakat yang belum paham, ternyata untuk mendapatkan suntikan vaksin yang ke-dua, mereka harus kembali ke tempat dimana mereka mendapatkan suntikan yang pertama. Seperti halnya di Puskesmas yang hanya menerima masyarakat yang awalnya melakukan vaksin pertama di puskesmas juga. 


Hal ini kemudian membuat masyarakat banyak yang akhirnya kebingungan. Saat semua Puskesmas membuka pelayanan untuk vaksin dosis kedua. Msyarakat langsung menyerbunya. Bahkan mereka rela datang pada pukul tiga dinihari agar mendapatkan nomor antrian. Padahal nomor antrian baru akan dibagikan pada sekitar pukul 07.00wib. Semakin siang, antrian di Puskesmas akhirnya mengular, padahal dosis yang disediakan sangat terbatas.

 

Anrtian vaksin paling parah terjadi di Rumah Sakit TNI AU Soemitro Taman Bungkul Surabaya. Pada hari Kamis (05/08/2021) dan Jum'at (06/08/2021). Persyaratan untuk mendapatkan vaksin di lokasi ini sangat mudah. Tidak harus warga Surabaya atau domisili di Surabaya, hanya cukup membawa KTP saja. Untuk vaksinnya juga bebs, bisa dosis pertama maupun dosis kedua. 

 


Sayangnya dosis yang disediakan cukup minim, yaitu hanya 350 dosis perharinya. Sedangkan untuk pendaftarannya langsung datang ke lokasi. Hal ini lalu menarik minat banyak masyarakat untuk berbondong-bondong datang ke lokasi. Saking inginnya mendapatkan vaksin, masyarakt sampai rela untuk menginap di depan rumash sakit satu hari sebelum nomor antrian dibagikan.

 

Kondisi ini tentu sangat miris. Sebab, masyarakat menjadi sangt kesushan, padahal mereka sudah bersedia untuk di Vaksin. Jika saja ada pendaftaran secara online, kemungkinan antian panjang akan bisa dihindari. (yyan)  


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad