Perpanjangan PPKM Level 4 Segera Berakhir, Begini Kondisi Jawa Timur Saat Ini. - Kabar Surabaya

Breaking

Sunday, August 8, 2021

Perpanjangan PPKM Level 4 Segera Berakhir, Begini Kondisi Jawa Timur Saat Ini.

Perpanjangan PPKM Level 4 Segera Berakhir, Begini Kondisi Jawa Timur Saat Ini.

Kabar Surabaya - Pada tanggal 9 Agustus 2021 besok, rencanaya perpanjangan PPKM Level 4 yang telah ditetapkan oleh pemerintah akan segera berakhir. Hal ini sesuai dengan instruksi di Presiden Joko Widodo bahwa Perpanjangan dari PPKM ini memang akan selesai pada hari Senin esok. Namun bukan berarti PPKM Level 4 ini otomatis akan dihentikan, Bisa jadi diperpanjang lagi atau berganti istilah seperti halnya PSBB yang lalu.

 


Tentunya, keputusan untuk memperpanjang PPKM Level 4 ini akan bergantung dengan indikator-indikator yang telah ditentukan secara terukur. Beberapa indikator yang selalu digunakan untuk melihatnya adalah Jumlah kasus baru, Jumlah kematian, Jumlah kesembuhan, tingkat keterisian rumah sakit serta tingkat resiko penularan.

 

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi juga memaparkan bahwa ada 3 point penting dalam penanganan pandami ini, yaitu kecepatan vaksinasi  penerapan 3M dan kegiatan testing, tracing, isolasi. Indikator-indikator ini inilah yang nantinya akan menentukan apakah PPKM Level 4 ini akan diperpanjang atau tidak.

 

Lantas, bagaimana kondisi Povinsi Jawa Timur di akhir pelaksanaan PPKM Level 4 ini  ?. Jika mengacu kepada laman(https://infocovid19.jatimprov.go.id/) milik Pemprov Jatim, terdapat beberapa indikator yang bisa menjadi patokan. Seperti halnya warga yang terkonfirmasi berjumlah : 334691, sedangkan jumlah warga yang meninggal dunia mencapai 22977 (17.72%). Sedangkan warga yang sembuh  berjumlah 266817 (79.72%).


Dari Zona Resiko yang dirilis oleh laman (https://covid19.go.id/peta-risiko) milik pemerintah pusat, hanya ada 6 daerah yang masuk ke dalam Zona Orange (tingkat penularan sedang). Daerah tersebut adalah Sampang, Bangkalan, Sumenep, Tuban, Kota Madiun dan Kota Mojokerto. Sedangkan daerah lainnya masih harus rela untuk masuk ke dalam Zona Merah (resiki penularan tinggi). 


Daerah-daerah tersebut adalah Bondowoso, Jombang, Madiun, Pamekasan, Kota probolinggo, Pacitan, Kediri, Lumajang, Mojokerto, Lamongan, Kota Blitar, Kota Batu, Ponorogo,Tulungagung, Banyuwangi, Pasuruan, Magetan dan Ngawi.

 

Selain itu masih ada juga daerah Gresik, Kota Kediri, Kota Malang, Situbondo, Probolinggo, Nganjuk, Bojonegoro, Kota Surabaya, Trenggalek, Blitar, Malang, Jember, Sidoarjo dan Kota Pasuruan yang juga masih masuk ke dalam Zona Merah. Tentunya, hal ini akan menjadi indikator penting apakah nanti PPKM Level 4 ini akan diperpanjang atau tidak. (yyan) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad