Empat Daerah Di Jatim Ini Masih Masuk Zona Merah, Yaitu... - Kabar Surabaya

Breaking

Thursday, August 26, 2021

Empat Daerah Di Jatim Ini Masih Masuk Zona Merah, Yaitu...


Empat Daerah Di Jatim Ini Masih Masuk Zona Merah, Yaitu...

Kabar Surabaya - Sebagaimana diketahui bersama, bahwasannya pemerintah melalui Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan telah memperpanjang penerapan PPKM Level 2 hingga Level 4 di Seluruh Indonesia sampai tanggal 30 Agustus 2021 mendatang. Namun perpanjangan PPKM yang terbaru ini juga membawa kabar yang sangat positif. Hal ini dikarenakan ada banyak Kabupaten/Kota yang berhasil turun ke level dibawahnya.



Dengan status yang turun level PPKM ini, berarti, daerah tersebut dianggap mampu menangani virus Covid-19 dengan baik. Sehingga angka kematian dan kasus baru bisa melandai. Selain itu,  daerah tersebut juga diberikan kelonggaran terhadap pembatasan-pembatasan yang telah diterapkan sebelumnya. Seperti halnya dalam kegiatan beribadah, kegiatan perekonomiam maupun kegiatan sekolah yang sudah bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka.

 

Selain dari PPKM, kondisi suatu Kabupaten/Kota ini juga bisa dipantau melalui peta Zona Resiko penularan Covid-19. Peta Resiko ini akan menunjukkan seberapa tinggi penularan Virus Covid-19 di daerah tersebut. Berbeda dengan PPKM yang menerapkan level dalam bentuk angka, Peta Resiko ini digambarkan dalam bentuk warna. Mulai warna Merah yang Resikonya paling tinggi hingga warna hijau yang resikonya sangat rendah.


Zona Resiko ini dipantau terus berdasarkan data-data yang masuk dan diupdate secara berkala. Dari data yang terbaru ini, Provinsi Jawa Timur tampak mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Dari yang sebagian besar warna Zona Resikonya merah, pada data yang terakhir ini, daerah yang berstatus Zona Merah hanya tersisa 4 wilayah saja.


Kondisi ini menunjukkan, bahwa kondisi penularan Virus Covid-19 di Provinsi Jawa Timur sudah semakin melandai. Hal ini seperti yang tampak pada laman https://covid19.go.id/peta-risiko milik pemerintah dimana kondisinya menunjukkan adanya perkembangan yang cukup menggembirakan.

 

Dari Zona Peta Resiko tersebut, 4 daerah yang masih berstatus Zona Merah di Provinsi Jawa Timur ini adalah : Kota Batu, Ponorogo, Nganjuk dan Blitar. Sedangkan daerah yang ber Zona Kuning adalah : Sampang, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, Tuban, Lamongan Situbondo, Bojonegoro dan Kota Pasuruan. 

 

Untuk daerah dengn Zona Orange adalah Bondowoso, Jombang, Madiun, Kota Probolinggo, Pacitan, Kediri, Lumajang, Mojokerto, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Tulungagung, Banyuwangi, Pasuruan, Magetan, Ngawi, Gresik, Kota kediri, Kota Malang, Probolinggo, Kota Surabaya, Trenggalek, Malang, Jember dan Sidoarjo (yyan) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad