Mau Wadul Langsung Ke Walikota...? Silahkan Datang Pada hari Berikut - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, June 16, 2022

Mau Wadul Langsung Ke Walikota...? Silahkan Datang Pada hari Berikut

Mau Wadul Langsung Ke Walikota...? Silahkan Datang Pada hari Berikut


Kabar Surabaya - Kepala Daerah yang baik adalah pemimpin yang mampu memahami sekaligus mengatasi persoalan yang dialami oleh warganya. Oleh karena itu Kepala Daerah haruslah "dekat" dengan warganya. Namun terkadang hal tersebut sulit untuk praktekkan. Biasanya kedekatan antara Kepala Daerah dan warga ini terhambat oleh adanya Birokrasi yang seperti memberikan batas diantara keduanya. 

 


Untuk mengatasi hal tersebut, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi rupanya ingin membuat upaya baru yang bisa membuat Kepala Daerah dekat dengan warganya. Tidak hanya Kepala Daerah, nantinya semua jajaran Camat, Lurah serta Kepala Dinas juga harus dekat dan bisa ditemui secara langsung oleh warganya. Harapannya, warga bisa mengadukan permasalahan atau kesulitan yang dihadapinya.

 

Nantinya Kepala Dinas, Camat dan Lurah akan ngantor di Balai Kota setiap hari Jum'at. Bagi warga yang berada dalam Kecamatan/Kelurahan tersebut bisa langsung menemui mereka secara langsung dan mengadukan permasalahan yang dihadapinya. Rencananya kegiatan ini akan dimulai pada minggu depan. Waktu pengaduan warga akan dimulai pada pukul 13.00wib hingga 16.00wib.

 

Dengan cara ini, harapannya semua permasalahan warga bisa selesai hingga sampai tingkat Kelurahan saja. Selanjutnya Kelurahan akan langsung berkoordinasi dengan OPD terkait guna menyelesaikan permasalahan warga. Sehingga warga tidak wira-wiri kesana-kemari untuk menyelesaikan permasalahannya.

 

Menurut Eri Cahyadi setiap OPD seperti Camat, Lurah dan Kepala Dinas adalah para pelayan publik, sehingga mereka harus siap dan berani untuk menghadapi warganya masing-masing. Mereka juga harus mampu mengatasi persoalan warga. Persoalan warga harus selesai saat itu juga, atau bisa selesai dengan waktu yang terukur. Dalam artian warga harus diberikan informasi kapan persoalannya bisa selesai dan apa saja tahapannya.


Selain Camat dan Lurah, Walikota Eri juga tidak ketinggalan untuk siap ditemui oleh warganya. Untuk jadwalnya sendiri adalah hari Sabtu, mulai pukul 08.00win hingga 12.00wib di Balai Kota Surabaya. Jadi, nantinya setiap Sabtu akan digilir per Kecamatan. Sehingga warga bisa menemui dan mengadukan masalahnya berdasarkan jadwal Kecamatannya masing-masing. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad