Efikasinya Capai 93%, Pengembangan Vaksin Merah Putih Mulai Buka Pendaftaran Ratusan Relawan - Kabar Surabaya

Breaking

Friday, November 12, 2021

Efikasinya Capai 93%, Pengembangan Vaksin Merah Putih Mulai Buka Pendaftaran Ratusan Relawan

Efikasinya Capai 93%, Pengembangan Vaksin Merah Putih Mulai Buka Pendaftaran Ratusan Relawan


Kabar Surabaya - Saat ini kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia sudah bisa dikatakan melandai. Hal ini ditandai dengan minimnya jumlah orang tang terpapar oleh Virus Corona dan tingkat kematiannya sendiri sudah bisa dikatakan nol (0). Meski demikian, pemerintah sampai saat ini masih terus waspada terhadap serangan Virus yang kemungkinan bisa terjadi lagi. Mengingat masih banyak negara yang sekarang ini mengalami serangan gelombang ketiga.



Untuk mengantisipasi terjadinya serangan gelombang ketiga Virus Covid-19 ini. pemerintah saat ini masih terus melakukan penyuntikan vaksin Covid kepada masyarakat. Jutaan botol vaksin telah didatangkan dari berbagai negara. Tercatat beberapa merek vaksin yang digunakan oleh Indonesia adalah Sinovak. Sinopharm, Pfizer, Moderna dan Astra Zenika. Semuanya adalah vaksin merk dari luar negeri.


Penyuntikan vaksin Covid-19 ini sudah berjalan sekitar 2 tahunan. Selama ini banyak wacana juga bahwa Indonesia segera memproduksi vaksin Covid-19 sendiri. Sebut saja Vaksin Nusantara buatan dr.Terawan yang menggunakan metode sel dendritik. Lalu juga ada Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga (Unair) Kota Surabaya. 


Rupanya proses pengembangan kedua jenis vaksin tersebut tetap berjalan sampai saat ini. Khusus untuk Vaksin Covid Merah Putih, saat ini sudah akan memasuki tahapan uji coba kepada manusia. Sebelumnya, saat doujicobakan kepada hewan, tingkat efikasinya sangat tinggi, yaitu mencapai 93%.

 

Rencananya dalam waktu dekat ini Tim pengembang Vaksin Merah Putih ini akan membuka pendaftaran relawan yang mau disuntikkan vaksin tersebut. Dalam uji coba ini, dibutuhkan sebanyak 500 relawan yang siap untuk disuntik Vaksin mereah Putih. Kegiatan penyuntikan vaksin untuk relawan ini akan dilakukan pada bulan Desember 2021 mendatang.


Usia dari relawan yang dibutuhkan ini dibagi menjadi dua, yaitu berusia 18 tahun keatas dan berusia 60 tahun keatas. Tentunya semua para relawan ini akan mendapatkan skreening kesehatan secara ketat sebelum dilakukan penyuntikan. 


Masyarakat bisa mendaftarkan diri sebagai relawan, meskipun telah mendapatkan suntikan vaksin pertama dan kedua. Sedangkan yang telah menerima suntikan dosis 3 (booster) tidak diperkenankan. bagi masyarakat yang bersedia menjadi relawan bisa langsung menghubungi Tim Praskrining, yaitu :


-dr. Fany Arsyad (081333355533)
-dr. Laksmi Wulandari (08123019591)
-dr. Randy Pangestu (089699668343)
-Lintang Prayogi (082232457512)

 

Masyarakat yang bersedia menjadi relawan bisa langsung chat ke nomor tersebut, baik untuk meminta informasi atau langsung mendaftarkan dirinya. Formatnya ketik nama lengkap dan pernyataan singkat bersedia menjadi relawan vaksin Merah Putih. Nantinya para relawan akan disuntik di RSUD dr.Soetomo Surabaya. 



Setelah penyuntikan kondisi para relawan tetap akan dipantau secara serius oleh Tim Dokter. Hal ini untuk memastikan apakah vaksinnya bekerja dengan baik. Kondisi kesehatan relawan juga akan dipantau ketat selama proses penyuntikan. (yyan)


1 comment:

  1. Jika kamu sedang kebingungan nyari peralatan rumah sakit untuk praktek di Rote Ndao, kamu bisa mendapatkannya di Disitributor Alat Kesehatan Rote Ndao

    ReplyDelete

Post Bottom Ad