Ini Jurus Jitu Camat Gunung Anyar, Saat Ribuan Warga Bisa Di Vaksin Dengan Cepat Tanpa Timbulkan Kerumunan - Kabar Surabaya

Breaking

Friday, August 13, 2021

Ini Jurus Jitu Camat Gunung Anyar, Saat Ribuan Warga Bisa Di Vaksin Dengan Cepat Tanpa Timbulkan Kerumunan

Ini Jurus Jitu Camat Gunung Anyar Saat Ribuan Warga Bisa Di Vaksin Dengan Cepat Tanpa Timbulkan Kerumunan


Kabar Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya telah menagetkan bahwa paling cepat, pada Bulan September 2021 mendatang, Herd Imunity (kekebalan Kelompok) di Kota Pahlawan ini bisa tercapai. Oleh karena itu, saat ini kegiatan percepatan vaksinasi terus dilakukan di semua lokasi. Hal ini sangat penting untuk memutus mata rantai penularan Vius Covid-19 di Tanah Air.

 


Namun, beberapa kali kegiatan percepatan vaksinasi di Kota Surabaya ini selalu menimbulkan permasalahan tesendiri. Permasalahan ini adalah terjadinya kerumunan massa dalam jumlah yang sangat besar. Dengan jumlah massa yang amat banyak, tentunya protokol Kesehatan akan terabaikan. Alih-alih menyehatkan diri, kondisi ini malah bisa menimbulkan penularan virus dengan sangt cepat.

 

Pada hari Kamis (13/08/2021) kemarin, Pemkot Surabaya menggelar kegiatan vaksinasi massal secara serentak di semua Kecamatan yang tersebar di semua wilayah. Kegiatan vaksinasi ini merupakan pemberian dosis ke-2 Vaksin Sinovac yang dosis pertamanya pernah diberikan di Puskesmas masing-masing.

 

Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya. Kecamatan yang terletak dikawasan timur Surabaya ini memiliki target untuk mem-vaksin 1.800 warganya. Untuk skala Kecamatan, tentu saja jumlah ini termasuk cukup besar. Tantangan utamanya adalah bagaimana kegiatan ini bisa berjalan dengan aman, cepat dan tanpa menimbulkan kerumunan massa.

 

Setelah melakukan koodinasi, akhinya Maria Agustin, selaku Camat Gunung Anyar langsung memutuskan untuk menggelar kegiatan Vaksinasi ini di halaman Polsek Gunung Anyar yang lokasinya bersebelahan dengan Kantor Kecamatan. Hal ini dikarenakan tempatnya yang luas dan sangat memadai infrastrukturnya.

 

Selain itu, kegiatan ini sengaja digelar selama dua hari, yaitu Kamis (13/08/2021) dan Jum'at (14/08/2021). Jadwal untuk setiap Kelurahan juga dibuat berbeda. Karena di Kecamatan Gunung Anyar ini terdapat 4 Kelurahan, maka undangan untuk warga dibagi menjadi 4 kloter. Sehingga kedatangan warga ke lokasi vaksin tidak bersamaan.

 

Langkah ini rupanya cukup berhasil, meskipun sejak pukul 08.00wib banyak waga yang sudah mulai berdatangan, namun kegitan vaksinasi  berjalan dengan rapi. Apalagi pihak Kecamatan memberikan fasilitas tenda besar dan tempat duduk yang telah diatur jaraknya, sehingga Phisycal Distancing tetap terjaga.

 

Kegiatan penyuntikan vaksin juga cukup cepat. Hal ini dikarenakan ada 4 pos penyuntikan yang dilakukan oleh para tenaga medis. Bahkan saking cepatnya, saat waktu menunjukkan pukul 10.00wib, sudah ada 600 lebih warga yang telah tervaksinasi. Warga yang hadir juga cukup senang, mengingat mereka tidak kepanasan dan tidak perlu antre lama.


"Enak mas, enggak berdesakan seperti yang sering saya lihat di TV. Apalagi ada tendanya jadi enggak kepanasan. Nunggunya juga gak lama, baru dapat nomor antrian, gak sampe setengah jam sudah di suntik," terang Anang warga Gunung Anyar Lor Surabaya.


Camat Maria mengaku cukup lega, karen kegiatan ini berjalan cukup lancar dan tanpa menimbulkan kerumunan massa.

"Saya sampe kurang tidur, memikirkan kegiatan ini, tapi Alhamdullilah semua lancar sesuai dengan yang kami harapkan," terangnya. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad