Jatim Membaik !!!, Zona Kuning Mulai Muncul Di Daerah Ini, Begini Kondisi Keseluruhannya - Kabar Surabaya

Breaking

Thursday, August 19, 2021

Jatim Membaik !!!, Zona Kuning Mulai Muncul Di Daerah Ini, Begini Kondisi Keseluruhannya

Jatim Membaik !!!, Zona Kuning Mulai Muncul Di Daerah Ini, Begini Kondisi Keseluruhannya


Kabar Surabaya - Sudah sebulan lebih PPKM Level 1 hingga 4 diterapkan di seluruh Indonesia, terutama di Pulau Jawa dan Pulau Bali. PPKM ini merupakan usaha pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Virus Covid-19 di Indonesia. Meskipun bagi masyarakat, PPKM terasa sangat menyusahkan, namun harus tetap dilakukan agar penanganan pandemi virus Corona ini bisa berjalan dengan baik.



Penerapan PPKM ini terus dievaluasi pada setiap minggunya. Nantimya setiap Kabupaten/Kota akan mendapatkan penilaian. Penilaian ini akan menentukan level dari Kabupaten/Kota tersebut. Semakin besar tingkatan levelnya, tentu saja pembatasan kegiatannya akan semakin ketat. 

 

Namun, pada perpanjangan PPKM kali ini, beberapa kondisi di daerah terlihat semakin membaik. Hal ini tampak dari menurunnya kasus penularan Virus Covid di sejumlah daerah. Saat ini banyak fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit dan Gedung Isolasi yang sudah tidak lagi merawat pasien Covid-19. Tingkat kesembuhan sangat meningkat dan tingkat kematian, grafiknya mulai menurun drastis.

 

Kondisi yang sama juga terjadi di Provinsi Jawa Timur, dimana hampir 50% Kabupaten/Kota sudah masuk ke dalam Zona Orange. Bahkan sudah ada Zona Kuning yang mulai tampak di peta resiko Covid-19. Zona Kuning ini berarti di daerah tersebut potensi penulran Virus Covid-19 sangt rendah.

 

Berdasarkan laman (https://covid19.go.id/peta-risiko) milik pemerintah pusat, daerah di Provinsi Jatim yang masuk ke dalam Zona Orange adalah :  Bondowoso, Jombang, Madiun, Pamekasan, Kota Probolinggo, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Batu, Pasuruan, Ngawi, Gresik, Situbondo, Probolinggo, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Kota Surabaya, Trenggalek dan Kota Pasuruan.

 

Sedangkan daerah yang penularan Virus Covidnya masih meninggi adalah Pacitan, Kediri, Lumajang, Kota Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Banyuwangi, Magetan, Kota Kediri, Kota Malang, Nganjuk, Blitar, Malang, Jember dan Sidoarjo.  

 

Satu-satunya daerah yang sudah masuk kedalam Zona Kning adalah Kabupaten Sampang. Kondisi tersebut menunjukkan kalau penularan Virus Corona di kawasan tersebut sangatlah rendah. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad