Ini Sosok Pencuri Kabel KAI, Bisa Sebabkan Kecelakaan Kereta Api - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, October 23, 2022

Ini Sosok Pencuri Kabel KAI, Bisa Sebabkan Kecelakaan Kereta Api

Ini Sosok Pencuri Kabel KAI, Bisa Sebabkan Kecelakaan Kereta Api


Kabar Surabaya - Sampai saat ini PT.KAI masih menjadi satu-satunya perusahaan yang melayani masyarakat dalam per-kereta apian. Agar transportasi kereta api ini tetap aman, nyaman dan selamat sampai ke tujuan, PT.KAI memiliki beberapa piranti yang harus di jaga perawatannya. Salah satu piranti tersebut adalah kabel komunikasi. Kabel komunikasi ini akan terpasang di sepanjang rute / rel kereta api. Kabel ini sangat penting fungsinya untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api.

 


Kabel komunikasi ini harus terpasang dengan baik, sebab sangat berperan untuk menjaga keselamatan penumpang Kereta Api. Meskipun kabel ini mempunyai peran penting bagi PT.KAI, namun sayangnya kabel ini juga sering menjadi sasaran pencurian oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya seperti kasus pencurian yang terjadi di Kota Surabaya. 

 

Uniknya, pencurian ini dilakukan secara terang-terangan pada tengah hari bolong. Bahkan aksinya sempat direkam oleh warga dan vidionya menjadi viral. Aksi pencurian kabel milik PT KAI ini terjadi di sepanjang lintasan rel yang ada di kawasan Siwalankerto Surabaya Selatan. Aksi yang dilakukan oleh pencuri ini sebenarnya sudah mulai dicurigai oleh perekam yang lokasinya berada tepat di samping rel kereta api tersebut.

 

Menurut pihak perekam vidio tersebut, awalnya pencuri tersebut sering mondar-mandir di kawasan sekitar rel. Kemudian sering juga terlihat duduk-duduk di pinggir rel. Kemudian tepat pada hari Jum'at kemarin, tiba-tiba saja pencuri tersebut terlihat akan membawa gulungan kabel berwarna hitam yang terlihat sangat berat. Saking beratnya, saat akan diangkut, motor yang dikendarai pencuri tersebut sampai terjatuh.

 

Melihat aksi pencurian tersebut, perekam vidio langsung memperingatkannya. Berkali-kali si perekam vidio menanyakan megenai kabel tersebut milik siapa, namun si pencuri tersebut terlihat sedikit terburu-buru. Pencuri tersebut terlihat menjawab sekenanya saja, bahkan malah mendatangi perekam dan mengancam akan membunuhnya bila dirinya ditangkap dan masuk ke penjara. Setelah itu pencuri tersebut kembali ke kabel yang tergulung dan bersiap mengangkutnya kembali.

 

Namun aksinya tersebut tidak jadi dilakukan saat ada dua personil TNI yang mendatangi dan menanyakan perihal kabel tersebut. Melihat kedatangan petugas , tak ayal pencuri tersebut langsung tancap gas sambil meninggalkan kabel yang telah digulungnya. 

 

Atas kejadian ini PT.KAI kemudian membuat laporan kepada pihak Kepolisian. Saat ini juga pelaku tersebut langsung diburu. Polisi mengaku sudah mengantongi identitas pelaku, apalagi wajahnya terlihat jelas dikamera. Demikian juga dengan kendaraan motor PCX warna putih yang dkendarainya. (yyan)    


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad