Sedapnya Mie Kuah Pembunuhan Di Jagongan Jail Buatan Para Napi - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, August 4, 2020

Sedapnya Mie Kuah Pembunuhan Di Jagongan Jail Buatan Para Napi


Kabar Surabaya - Sampai detik ini masih banyak masyarakat yang memandang negatif terhadap para narapidana. Padahal sejatinya mereka adalah manusia biasa yang mungkin pernah melakukan kesalahan dimasa silam. Hal inilah yang kemudian membuat Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kota Malang Agung Krisna dan jajarannya untuk membuat program kewirausahaan yang unik dan membuat masyarakat umum tertarik untuk mengunjunginya.


Mengunjungi disini artinya bukan berkunjung ke lapas, namun berkunjung di suatu tempat yang memang terbuka untuk umum. Tempat ini berupa Cafe dengan konsep yang sangat berbeda dari cafe biasanya. Cafe yang terletak dijalan Asahan No.6 Lowokwaru Kota Malang ini diberikan nama Jagongan Jail. Jagongan Jail ini memiliki pekerja hampir semua adalah para Napi yang ada di lapas Lowokwaru Kelas IA Kota Malang.

Mulai dari Koki, Barista, Pelayan dan Barber (Tukang Cukur) yang ada di Jagongan jail ini adalah para Napi yang telah memperoleh bekal ketrampilan khusus. Mereka memang sengaja dibina agar nantinya setelah bebas, bisa menggunakan ketrampilan yang telah didapatkan untuk memperoleh penghasilan secara halal. Di Cafe Jagongan Jail inilah para Napi ini bisa mempraktekkan ilmu yang dimilikinya serta belajar untuk berbaur kembali dengan masyarakat.

Jagongan Jail ini memiliki konsep yang kental dengan suasa pedesaan. Mulai dari dinding anyaman bambu (gedhek) maupun penataan taman-tamannya yang asri. Bahkan pada hari-hari tertentu pengunjung akan dihibur oleh pertunjukan live Music yang menawan. Sedangkan untuk Wifi, jangan khawatir, speednya cukup kenceng. Hal ini dijamin membuat para pengunjungnya betah untuk nongkrong selama seharian penuh.


Sedangkan untuk menunya, Jagongan Jail ini memiliki menu dengan nama-nama yang unik, seperti Nasi Kobongan, Nasi Goreng Pengeroyokan, Mue Kuah Pembunuhan hingga nama-nama pasal yang ada didalam KUHP juga dijadikan nama menu makanan. Selain makanan, racikan kopi di Jagongan Jail ini, dipercaya merupakan racikan kopi paling enak  se-Malng Raya. Maka wajar bila kebanyakan pengunjung selalu memesan kopi khas dari Jagingan Jail ini.

Danang, salah satu Napi yang mendapatkan kesempatan untuk berkarya di Jagongan Jail ini mengungkapkan, kalau untuk menjadi pegawai di Cafe ini tidak mudah. Paling tidak dirinya sudah menjalani hukuman selama beberapa waktu dan tidak boleh mendapatkan hukuman apapun didalam lapas (berkelakuan baik). Setelah itu baru bisa memperoleh ketrampilan tambahan guna menjadi pekerja di Jagongan Jail ini.


Bagi Danang dan beberapa rekannya, bekerja di Jagongan jail ini adalah kesempatan untuk lebih banyak bertemu dengan keluarganya, mengingat sejak masa COVID-19 seperti ini kunjungan keluarga ke Lapas memang benar-benar dibatasi. Danang juga memiliki harapan besar kelak setelah bebas dirinya akan membuka cafe dan barber shop sendiri di tempat asalnya.

Jadi, bagi masyarakat yang penasaran dengan menu-menu unik dari Jagongan Jail ini, bisa langsung datang dan rasakan secara langsung kelezatan dari makanan serta guruhnya kopi hasil racikan tangan-tangan terampil ini. Untuk harga jangan khawatir, sangat terjangkau bagi semua kalangan. Bisa juga kepoin media sosial dari Jagongan jail di Instagram @jagongan.jail dan websotenya di jagonganjail.com (yyan).  

#jagonganjail
#cafemalang
#lapasklas1malang

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad