Siapkan Rekening, BLT Rp 400.000 Bakal masuk Pada Bulan Depan - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, October 26, 2023

Siapkan Rekening, BLT Rp 400.000 Bakal masuk Pada Bulan Depan

Siapkan Rekening, BLT Rp 400.000 Bakal masuk Pada Bulan Depan


Kabar Surabaya - Sebagaimana diketahui bersama, bahwasanya kondisi perekonomian di seluruh dunia, belum sepenuhnya pulih setelah berhasil melewati Pandemi Covid-19. Hal ini tampak dari masih melemahnya daya beli masyarakat. Kondisi ini kemudian diperparah dengan hadirnya  badai El Nino yang membuat Indonesia mengalami musim kemarau berkepanjangan.



Kemarau panjang ini membuat banyak daerah penghasil padi mengalmi kekeringan. Hal ini kemudian membuat harga beras dipasaran terus mengalami kenaikan. Saat ini saja harganya sudah mencapai Rp 70.000/5kg untuk beras premium. Kenaikan bahan pokok ini tentunya membuat semua harga makanan lain juga menjadi naik.


Dari latar belakang kondisi tersebut, maka pemerintah langsung bergerak cepat. Presiden Jokowi kemudian menugaskan Kementreian Keuangan untuk segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino. Tidak tanggung - tanggung, jumlah BLT El Nino yang akan dikucurkan ini nilainya sebesar Rp 7.52 Triliun. Dana tersebut nantinya akan disalurkan kepada 18.8 juta warga yang masuk dalam Kelompok Penerima Manfaat (KPM). 


Penyaluran BLT EL Nino ini nantinya akan dilakukan secara transfer bank, sebagaimana BLT terdahulu. untuk setiap jiwa, akan mendapatkan BLT sebesar Rp 400.000. Dana tersebut merupakan akumulasi dari BLT untuk Bulan November dan Desember yang besarannya masing-masing Rp 200.000.


Dalam hal ini Kementrian Sosial akan ketiban sampur untuk melaksanakan penyaluran BLT kepada masyarakat. Karena semua data KPM, mulai dari nama, alamat dan nomor rekening bank sudah terdata lengkap di Kementrian yang dipimpin oleh Tri Risma Harini. 

"Kemensos, Bu Risma dalam hal ini, diharapkan bisa mengeksekusi bantuan langsung tunai untuk 18,8 juta KPM yang sudah ada daftar nama, alamat, dan nomor accountnya," Jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad