Pemerintah Siap Berikan Dana Tunai Dan Gratis Biaya Untuk Pembelian Rumah Baru - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, October 26, 2023

Pemerintah Siap Berikan Dana Tunai Dan Gratis Biaya Untuk Pembelian Rumah Baru

Pemerintah Berikan Dana Tunai Dan Gratis Biaya Untuk Pembelian Rumah Baru


Kabar Surabaya - Tidak bisa dipungkiri lagi, kalau saat ini harga rumah di seluruh Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Apalagi rumah yang ada di kota-kota besar, seperti halnya di Surabaya. Untuk ukuran 6 x 12 meter persegi saja, harganya sudah mencapai satu Milyar. Sedangkan dibawah ukuran tersebut harganya sudah 600 juta keatas. 



Hal tersebut tentu saja mengurangi minat masyarakat untuk membeli rumah tinggal. Rumah sewa atau rumah kost menjadi solusi yang terbaik bagi mereka yang belum mampu untuk memiliki rumah. Karena kenaikan harga rumah sudah tidak sebanding lagi dengan kenaikan upaha pekerja. Maka tidak heran kalau pemasukan negara (PDB) dari sektor properti sangat kecil, yaitu hanya diangka 0.67%.


Maka dari itu, saat ini pemerintah akan mengejar peningkatan PDB dari properti. Caranya, ternyata sangat menguntungkan masyarakat, yaitu dengan memberikan beragam kemudahan agar harga rumah bisa turun. Kemudahan ini berupa fasilitas bebas pajak hingga guyuran subsidi dana tunai bagi mesyarakat yang ingin membeli rumah baru.


Hal ini sepertriyang disampaikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto yang mengatakan insentif subsidi ini nantinya akan berbentuk bantuan biaya administrasi serta Bea Peralihan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar Rp 4 juta rupiah. Tak hanya itu, pemerintah juga akan menggratiskan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) atas pembelian rumah di bawah Rp2 miliar hingga Juni 2024.


Selain itu, nantinya untuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 50 persen akan ditanggung oleh pemerintah. Jika ini sudah dilakukan, tentunya harga rumah akan menjadi sedikit lebih murah dan terjangkau, khususnya bagi semua lapisan masyarakat. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad