Buaya Muara Kembali Muncul, Begini Respon Lurah Medokan Semampir - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, October 11, 2023

Buaya Muara Kembali Muncul, Begini Respon Lurah Medokan Semampir

Buaya Muara Kembali Muncul, Begini Respon Lurah Medokan Semampir


Kabar Surabaya - Sudah lama Pemerintah Kota surabaya mengimbau warganya agar tidak bermain ditepi sungai, ataupun berenang kedalam sungai. Imbauan ini dilakukan karena sudah banyak kasus orang tenggelam di sungai. Selain itu, saat ini, warga juga harus mewaspadai munculnya binatang buas disekitar sungai, apalagi sungai yang lokasinya berdekatan dengan muara (laut). 



Hal ini seperti yang terjadi dikawasan Medokan Semampir - Sukolilo Surabaya Timur. Pada hari Selasa (10/10/2023) kemarin, dimana sosok binatang buas berjenis Buaya Muara tampak muncul dan berenang dengan santai disebuah sungai yang berada di tengah-tengah pemukiman warga. Penampakan buaya dengan panjang sekitar 1.5 meter ini terekam kamera warga pada pukul 11.30wib.


Aksi berenang santuy Buaya Muara tersebut langsung direkam oleh warga sekitar dan tersebar luas melalui media sosial. Dalam captionnya, pemilik akun medsos tersebut menuliskan ""Hati-hati ya buat warga yang tinggal di sekitar SMPN 30 Surabaya ada buaya yang berkeliaran di sekitar sungai. Sementara kami dan para petugas terkait masih berkoordinasi untuk evakuasi Buaya tersebut," 


Kemunculan buaya muara ini bukan hanya terjadi kali ini saja. Pada tanggal 13 September 2023 yang alalu, buaya yang sejenis juga pernah menampakkan dirinya saat berjemur di kawasan sungai Intan Nginden Surabaya. Namun tidak diketahui, apakah ini buaya yang sama atau berbeda. Jika dilihat dari aliran sungainya, memang masih satu aliran menuju ke laut.


Moerita, selaku Lurah Medokan Semampir, mengungkapkan, bahwa buaya muara memang beberapa kali muncul di wilayahnya. Namun kemunculannya tidak lama, ketika ada yang melihat, langsung tenggelam lagi. 

"Kalau jumlah persisnya, kami tidak mengetahuinya, selama ini tidak pernah belum pernah naik kedaratan. Menurut penduduk sekitar, buaya tersebut adalah Buaya Putih. Warga sekitar mewanti-wanti agar buaya tersebut tidak diganggu apabila tidak keluar. Jika memang keluar dan naik kedaratan, nanti pihaknya akan melakukan evakuasi lebih lanjut,: terangnya. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad