Berikut Profil Qoriah Viral yang Disawer Saat Membaca Ayat Suci - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, January 6, 2023

Berikut Profil Qoriah Viral yang Disawer Saat Membaca Ayat Suci

Berikut Profil Qoriah Viral yang Disawer Saat Membaca Ayat Suci


Kabar Surabaya - Tentunya, semua umat Muslim harus bisa membaca Al-Qur'an yang menjadi kitab suci dan pedoman arahnya dalam maendalami Agama Islam. Namun hanya orang-orang pilihan saja yang mampu membacanya dan memperdengarkannya dengan baik. Orang pilihan ini kemudian disebut dengan Qori dan Qoriah. Mereka bisa melantunkan ayat suci Al-Qur'an dengan tata cara yang baik dan benar.



Biasanya, para Qori dan Qriah ini akan ditampilkan dalam suatu kegiatan keagamaan sebagai acara pembuka. Pada saat mendengarkan ayat suci Al-Qur'an ini, tentunya ada adab atau aturan khusus yang sesuai dengan syariat Islam. Adab tersebut adalah di sunnahkan untuk tenang dan diam selama ayat suci tersebut dibacakan.

“Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS Al-A’raf: 204)


Namun adab tersebut rupanya tidak berlaku pada sebagian orang. Hal ini seperti yang viral di media sosial, dimana saat ada Qori'ah melantunkan ayat suci Al-Qur'an, beberapa pendengarnya malah berbuat sesuatu yang dianggap merendahkan pembaca dan ayat suci Al-Qur;an itu sendiri. Tampak dalam vidio, dimana ada dua orang jama'ah yang tiba-tiba naik ke panggung untuk mendekati Qori'ah yang sedang melantunkan ayat suci Al-Qur'an.


Orang pertama yang naik ke panggung lalu mengeluarkan beberapa lembar uang dan mengguyurkannya di atas kepala Qoriah yang tengah berkonsentrasi untuk membaca Al-Qur'an. Setelah itu ada orang kedua yang naik dan melakukan hal yang sama. Mirisnya orang kedua ini malah berbuat lebih jauh lagi, yaitu dengan menyelipkan lembaran uang ke dalam hijab Qori'ah tersebut.


Tentu saja hal tersebut sangat tidak patut untuk dilakukan. Apalagi para penyawer tersebut adalah jama;ah pria yang bukan mahromnya. Diketahui, peristiwa yang viral tersebut terjadi di acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Pandeglang, Banten. Masih belum diketahui, apakah tindakan kedua orang tersebut merupakan tradisi dari daerah setempat. 


Namuan, apapun alasannya pihak MUI sangat mengecam tindakan tersebut, Hal tersebut diangga telah melanggar nilai-nilai kesopanan. 

"Ini cara yang salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan. Hentikan acara dan perbuatan seperti ini," ujar Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis. Menurut Cholil, jika ingin memberikan penghargaan atau udang kepada para Qori dan Qori'ah, bisa dilakukan dengan cara yang sopan. Dan pastinya setelah mereka selesai membacakan ayat suci Al Qur'an.


Sosok Qori'ah yang viral di media sosial karena disawer tersebut sebenarnya bukan Qori'ah sembarangan. Wanita tersebut bernama Nadia Hawasyi dan sudah menjadi Qori'ah tingkat internasional. Nadia sudah sering diundang ke negara lain untuk melantunkan ayat suci. Nadia juga telah menikah dengan sesama Qori dan kedua merupakan wakil Qori/Qori'ah terbaik yang dimiliki oleh Tangerang Selatan - Banten. (yyan)

 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad