Kawasan Kya-Kya Segera dibuka Pada Setiap Malam Minggu - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, September 7, 2022

Kawasan Kya-Kya Segera dibuka Pada Setiap Malam Minggu

Kawasan Kya-Kya Segera dibuka Pada Setiap Malam Minggu


Kabar Surabaya - Kota Surabaya merupakan kota yang kaya dan sarat akan sejarah. Sejarah Kota Pahlawan ini berawal dari sisi Utara yang berdekatan dengan muara sungai Kalimas. Dari kawasan inilah VOC mengatur arus perdagangan komoditi barang yang keluar dan masuk ke Kota Surabaya melalui transportasi sungai.



Maka tidak heran apabila kawasan Surabaya bagian utara ini kaya akan bangunan-bangunan bersejarah. Mulai dari deretan bangunan dengan gaya Eropa hingga gaya Tiongkok (China). Gaya bangunan dengan nuansa China ini bisa ditemukan di Kawasan Kembang Jepun yang bernama Kya-Kya. Bisa dikatakan kawasan tersebut merupakan kawasan Pecinan-nya Kota Surabaya. Kawasan Pecinan ini sangat kentara dari gerbang besar berwarna merah dengan ornamen naga diatasnya.

 

Pada awal tahun 2000-an, kawasan Kya-Kya Surabaya utara ini pernah mendapati masa jayanya. Kawasan tersebut pernah menjadi kawasan kuliner yang cukup ramai oleh pengunjung. Pada saat itu di sepanjang Jalan Kembang Jepun banyak terdapat lapak-lapan UKM, sedangkan pada bagian tengah terdapat banyak kursi bagi mereka yang makan ditempat. Sehingga kawasan tersebut ditutup dari kendaraan pada saat malam hari atau menjadi kawasan Car Free Night.

 

Rencananya, konsep Car Free Night ini juga akan diterapkan pada konsep anyar Kya-Kya mendatang. Saat ini Pemkot Surabaya masih melakukan finishing tahap akhir guna menata kawasan Pecinan Surabaya ini. Untuk ornamen pendukung seperti lampion, tempat duduk dan pengecatan gerbang Kya-Kya sudah dikerjakan. Hampir semuanya memiliki karateristik dengan warna merah.

 

Pembenahan ini tidak hanya terpusat pada kawasan Kembang Jepun atau Kya-Kya saja. Namun daerah disekitar juga akan dikembangkan menjadi kawasan wisata yang menarik. Sebagaimana diketahui, bahwa di sekitar kawasan tersebut banyak sekali beberapa spot yang menarik. Seperti jalan coklat yang selalu menjadi spot foto yang instagramable, Klenteng Bhoen Bio, Rumah Abu Han dan masih banyak lagi lokasi menarik lainnya.

 

Kawasan wisata dan Kya-Kya ini nantinya akan diintegrasikan menjadi satu lokasi wisata. Kedepan, Pemkot Surabaya akan menyediakan transportasi berupa becak yang akan membawa pengunjung untuk berkeliling di sekitar kawasa Kembang Jepun.

 


Lantas, kapan kawasan ini akan dibuka...? Rencananya, pada hari Jum'at depan, Pemkot Surabaya akan melakukan persiapan dan pengecekan terakhir. Sedangkan untuk kepastian pembukaan, masih belum ada rilis secara resmi. Namun, yang pasti kawasan in iakan selalu dibuka pada setiap Sabtu Malam atau malam minggu. (ykn)     

Foto : Kya-Kya tempo dulu


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad