Hasil Sidang Isbat Hari Ini, Penentuan Rari Raya Idul Fitri 2022 - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, May 1, 2022

Hasil Sidang Isbat Hari Ini, Penentuan Rari Raya Idul Fitri 2022


Hasil Sidang Isbat Hari Ini, Penentuan Rari Raya Idul Fitri 2022


Kabar Surabaya - Bulan Ramadhan tinggal menyelesaikan detik-detik akhir saja, karena sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri 2022 akan segera tiba. Seperti biasanya, bahwa penentuan Hari Raya Idul Fitri ini akan didahului oleh proses yang disebut Sidang Isbat. Hasil dari sidang inilah yang nantinya akan menentukan kapan Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Sidang ini dalam bentuk bakunya akan dihadiri oleh Pemerintah dan perwakilan organisasi-organisasi Islam di seluruh Indonesia. 



Sidang Isbat 2022 kali ini akan dilaksanakan pada hari Minggu (01/05/2022) sore nanti. Lokasinya sendiri akan bertempat di gedung Auditorium HM Rasyidi Jakarta Pusat. Kegiatan Sidang Isbat sendiri akan dimulai tepat pada pukul 17.00wib. Jika tidak ada halangan, penentuan Hari Raya Idul Firtri 2022 akan bisa diketahui oleh masyarakat pada pukul 19.15wib.

 

Namun seperti pada penentuan awal puasa yang lalu, kegiatan Sidang Isbat ini akan diawali dengan pengamatan Hilal di seluruh penjuru Indonesia. Lokasi pengamatan hilal ini ada di 99 titik di berbagai Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia. Sedangkan di Surabaya sendiri biasanya pengamatan Hilal dilakukan di Pantai Kenjeran dan Gedung UINSA (Twin Tower B) yang berada di Prodi Ilmu Falak dan Observatorium Astronomi Sunan Ampel/

 

Meski demikian salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia Muhammadiyah telah menyatakan sebelumnya, bahwa Lebaran 1 Syawal 1443 Hijriyah akan jatuh pada hari Senin (02/05/2022) esok. Sedangkan dari pihak Pemerintah tentunya akan menunggu hasil Sidang Isbat 2022 nanti sore. Tentu saja semua masyarakat sangat berharap pada Lebaran kali ini tidak terjadi perbedaan waktu, sehingga bisa dirayakan bersama-sama.

 

Proses dari Sidang Isbat ini akan lakukan dalam 3 sesi, Sesi pertama adalah Paparan Posisi Hilal Awal Lebaran 2022 oleh Tim Falakiyah Kementrian Agama. Sesi kedua adalah kegiatan Sidang isbat sendiri yang dilakukan secara tertutup. Sedangkan sesi ketiga adalah pengumuman kepada masyarakat (konferensi Pres) yang dilakukan secara terbuka.

 

Jadi, mari kita tunggu hasil pengumuman dari pemerintah pada sore hari ini. Biasanya pengmuman akan diberikan setelah Sholat Maghrib menjelang Isya', sehingga apabila hasilnya besok puasa, maka Nanti Malam masyarakat bisa melaksanakan kegiatan Takbiran di Masjid atau Musholla. Namun jika puasa jatuh pada hari Selasa, maka nanti malam masyarakat masih akan melaksanakan Sholat Tarawaih. (yyan) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad