GAWAT !!!, Diam-Diam Sudah 4 Anak Meninggal Dunia Akibat Penyakit Ini - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, May 9, 2022

GAWAT !!!, Diam-Diam Sudah 4 Anak Meninggal Dunia Akibat Penyakit Ini


GAWAT !!!, Diam-Diam Sudah 4 Anak Meninggal Dunia Akibat Penyakit Ini


Kabar Surabaya - Saat ini para orang tua yang memiliki anak patut ekstra waspada secara penuh. Hal ini dikarenakan munculnya penyakit misterius yang sudah merebak dibeberapa Kabupaten/Kota di Indonesia. Penyakit yang masih belum ditemukan penyebabnya ini di kategorikan sebagai penyakit Hepatitis. Karena penyebabnya yang belum ditemukan inilah yang akhirnya disebut sebagai Hepatitis Misterius.



Di Kota Surabaya sendiri, saat ini juga sedang merawat anak berusia 10 bulan yang menderita Hepatitis. Namun tim dokter dari RSUD. dr Soetomo mengungkapkan kalau anak tersebut belum bisa dikatakan menderita Hepatitis Misterius, karena masih dalam proses perawatan. Meski demikian tim dokter tidak mau kecolongan, sehingga penderita ini dirawat di ruang khusus. Berdasarkan pemeriksaan terakhir, diduga anak tersebut menderita sumbatan pada saluran empedu.

 

Kabar yang mengejutkan rupanya juga datang dari Kabupaten Tulungagung. Dinas Kesehatan setempat telah melaporkan adanya anak berusia tujuh tahun yang meninggal dunia akibat penyakit Hepatitis. Anak tersebut sebelumnya dirawat di Rumah sakit dr Iskak - Tulungagung. Gejala yang dialami oleh anak tersebut adalah Penyakit Kuning, Demam, Diare, Urine berwarna keruh dan feses berwarna pucat.


Saat ini sampel dari anak tersebut sedang dikirim ke RS Penyakit Infeksi Prof dr Sulianti Saroso Jakarta. Meskipun demikian masih belum bisa dipastikan apakah aanak tersebut  terjangkit oleh Hepatitis Misterius. Penentuannya akan dilakukan setelah pemeriksaan sampel tersebut dilakukan dengan lengkap.

 

Selain di Tulungagung, Dinas Kesehatan Sumatera Utara juga menemukan ada dua anak yang diduga terjangkit Hepatitis Misterius di daerahnya. Kedua anak ini mengalami gejala berupa diare dan demam tinggi  Saat ini kedua anak tersebut dirawat secara intensif di rumah sakit. Namun untuk memastikan apakah kedua anak tersebut positif hepatitis misterius perlu pendalaman lebih lanjut dari tim medis.

 

Dari data diatas, setidaknya di Indonesia sudah ada 4 orang anak yang meninggal dunia karena diduga menderita penyakit Hepatitis Misterius (Suspect). Dari kasus-kasus itu terdapat kesamaan gejala, seperti sakit kuning, sakit perut, muntah-muntah, diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, dan penurunan kesadaran. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad