Minyak Goreng Kembali Ke Harga Pasaran, Begini Kisaran Harganya di Toko Retail - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, March 17, 2022

Minyak Goreng Kembali Ke Harga Pasaran, Begini Kisaran Harganya di Toko Retail

Minyak Goreng Kembali Ke Harga Pasaran, Begini Kisaran Harganya di Toko Retail


Kabar Surabaya - Sebagaimana diketahui bersama, bahwa pada tanggal 1 Februari 2022 yang lalu Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi telah mengumumkan untuk menetapkan harga Eceran minyak goreng kemasan premium menjadi satu harga, yaitu di harga Rp 14.000. Penerapan harga ini dikarenakan harga minyak goreng dipasaran sudah sangat tinggi.



Namun sayangnya penerapan harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng di harga Rp 14.000 ini membuat masyarakat semakin bingung. Hal ini dikarenakan minyak goreng seakan menjadi barang yang langka. Keberadaan minyak goreng seakan sangat susah untuk ditemukan, baik dipasar tradisional maupun di toko retail. Bahkan banyak toko retail, seperti Indomaret dan Alfamart yang hanya memajang rak kosong di bagian minyak gorengnya.


Jika ada toko yang menjual minyak goreng dengan harga Rp 14.000 pastilah langsung diserbu oleh masyarakat. Bahkan masyarakat sampai rela mengantri panjang dalam waktu yang lama demi mendapatkan 2 liter minyak goreng. Kondisi tersebut tentu saja sangat meresahkan sekaligus membuat masyarakat menjadi susah.

 

Kelangkaan minyak goreng ini rupanya masih terus berlanjut sampai pertengahan Bulan Maret ini. Padahal, berdasarkan pemantauan pemerintah, seharusnya produksi minyak goreng sangat mencukupi untuk kebutuhan nasional, bahkan ada indikasi berlebih. Dalam hal ini Mendag Lutfi juga sampai blusukan kepabrik minyak goreng yang ada di beberapa lokasi.

 

Untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng yang terus berlanjut ini, akhirnya Menteri Koordinassi Perekonomian, Airlangga Sucipto mengambil langkah strategis. Langkah tersebut berupa menyerahkan sepenuhnya harga minyak goreng kemasan premium pada harga pasar. Hal ini berarti harga minyak goreng kemasan tersebut akan kembali seperti harga awalnya.

 

Pengembalian harga minyak goreng ke harga pasar ini telah dilakukan mulai hari Rabu (17 Maret 2022) kemarin. Rupanya kebijakan hal ini sangat berpengaruh terhadap keberadaan minyak goreng di beberapa toko retail yang ada. Dari beberapa postingan di media sosial, rak-rak kosong yang ada di toko retail langsung terisi penuh dengan minyak goreng kemasan premium berbagai merek.


Meskipun minyak goreng sudah muncul kembali, namun harganya bisa jadi sangatlah tinggi. Untuk minyak goreng kemasan premium ukuran 1 liter, harganya bisa berada di kisaran Rp 23.000. Sedangkan untuk ukuran 2 Liter sudah bisa mencapai di kisaran Rp 45.000 hingga Rp 47.000. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad