Inilah Waktu Cuti Bersama Pengganti Libur Lebaran Pada Bulan Desember - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, August 21, 2020

Inilah Waktu Cuti Bersama Pengganti Libur Lebaran Pada Bulan Desember

Inilah Waktu Cuti Bersama Pengganti Libur Lebaran Pada Bulan Desember

Kabar Surabaya - Saat Lebaran tempo lalu, semua pegawai, baik negeri maupun swasta tidak mendapatkan cuti bersama seperti biasanya. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terlalu banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman. Apalagi saat itu muncul himbauan dan ajuran dari pemerintah agar masyarakat tidak melakukan mudik lebaran. Karena dikhawatirkan akan terjadi penyebaran Virus COVID-19 yang akan dibawa oleh pemudik ke kampung halamannya.  


Jadi praktis, para pegawai ini hanya libur selama dua hari saja saat Lebaran lalu, yaitu pada tanggal 24 dan 25 Mei 2020. Saat itu pemerintah berjanji untuk memberikan ganti hari libur Lebaran ini pada akhir tahun 2020 mendatang. Harapannya tentu saja, pada akhir tahun nanti, kondisi penyebaran Virus COVID-19 sudah mereda dan pemerintah sudah bisa menanganinya dengan lebih baik lagi.

Saat ini Keputusan Presiden tentang Cuti Bersama saat akhir tahun nanti telah selesai ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Dalam surat tersebut menyebutkan, bahwa waktu pengganti libur lebaran yang lalu jatuh pada tanggal 28,29,30 dan 31 Desember 2020 (Senin, Selasa, Rabu dan Kamis).


Jadi liburnya hanya empat hari saja...?. Eits jangan keburu cemberut dulu. Liburan akhir tahun ini berpotensi bisa lebih panjang lagi. Bahkan bisa sampai 10 hari, terutama bagi masyarakat yang memiliki hari libur selama dua hari dalam satu minggu. 

Jika dilihat pada kalender 2020, saat Natal nanti masyarakat akan mendapatkan cuti bersama selama dua hari (tanggal 24 dan 25 Desember 2020). Tanggal tersebut ternyata jatuh pada hari Kamis dan Jum'at, lantas hari Sabtu dan Minggu sudah weekend (tanggal 26 dan 24 Desember 2020). Libur ini lanjut ke tanggal cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu tanggal 28 hingga tangal 31 Desember 2020. 


Kemudian tanggal 1 Januari 2021 (hari Jumat) masyarakat akan mendapatkan liburan awal tahun. Sedangkan tanggal 2 dan 3 Januari 2021 sudah weekend, otomatis hari libur. Pada tanggal 4 Januari 2021 semua akan berjalan dengan normal kembali.


Liburan akhir tahun sudah jelas kan..?, Nah sekarang rencanakan liburanmu bersama keluarga dengan baik dan bijak ya... (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad